Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xpander Versi Reli Rifat Sungkar, Bisa Jadi Acuan Modifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aliran modifikasi rally look di Indonesia identik dengan lampu kabut bulat di depan, pelek putih, serta livery yang berwarna kontras. Bagian interiornya, jok balap, setir balap, hingga hadir tachometer nampak harus ada.

Tidak salah, namun pereli tanah air Rifat Sungkar menilai model tersebut terlalu tua atau 90-an. Khususnya pada bagian tampang luar mobil.

"Modifikasi itu bergerak, jangan berhenti di satu zaman. Mobil reli sekarang itu pakai lampu LED kotak, fender kecil, pelek tidak harus berwarna putih, dan sebagainya," kata dia di Jakarta, Kamis (7/8/2019).

Hal tersebut terjadi, lanjut Rifat, karena memang di Indonesia masih minim referensi untuk modifikasi rally look. Sehingga dirinya berharap dengan masuknya Mitsubishi Xpander ke kejuaraan reli bisa juga membawa angin segar bagi pecinta modifikasi.

"Adanya Xpander AP4, kami juga berharap bahwa bisa memberikan virus positif, modifikasi reli tidak saklek di sana. Ingat, dunia otomotif selalu berkembang," ujar Rifat.

Namun jangan mengikuti modifikasi Xpander AP4 sepenuhnya. Sebab keluaran biaya untuk mobil keluarga dari Mitsubishi itu untuk bisa masuk ajang reli internasional dan nasional membutuhkan banyak penyesuaian serta biaya.

Secara keseluruhan, Rifat menyatakan kisaran biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp 1,5 miliar. Dengan harga mahal tersebut mobil juga tidak nyaman lagi untuk dijadikan kendaraan harian.

"Biaya girboks sekitar Rp 766 juta. Belum lagi roll bar, jok, stir, kaki-kaki, hingga risetnya. Jadi kalau ingin modifikasi, cukup mengambil look-nya saja," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/09/112900915/xpander-versi-reli-rifat-sungkar-bisa-jadi-acuan-modifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke