Salin Artikel

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Perintah Suara Wuling Almaz

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors sudah menyematkan teknologi terkini pada mobil terbaru mereka, yakni Almaz. Pada varian terbaru dari Almaz ini, sudah ada fitur perintah suara yang dapat mengoperasikan berbagai perlengkapan yang ada di mobil.

Teknologi ini mereka sebut dengan WIND (Wuling Indonesian Command). Perintah suara interaktif ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai perlengkapan, seperti telepon, fitur hiburan, aplikasi, dan lainnya.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, menjelaskan, untuk mengaktifkan fitur WIND, pengguna bisa mengucapkan Wake Up Word, yaitu "Halo Wuling." Nantinya, WIND akan membalas sapaan ini dengan "Halo" juga, barulah WIND bisa digunakan.

"Fitur WIND juga bisa diaktifkan dengan cara lain selain mengucapkan 'Halo Wuling." Ada dua cara yang lain. Pertama, dengan menekan tombol di setir. Kedua, menekan tombol yang ada di layar sentuh," ujar Danang, saat mempresentasikan teknologi WIND di acara ulang tahun ke-2 Wuling di Indonesia, yang digelar di Ancol, Kamis, (11/7/2019).

Sesuai namanya, Wuling Indonesian Command, fitur ini hanya bisa digunakan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Danang mengatakan, Wuling hanya mengembangkan versi bahasa Indonesia. "Namun, tidak menutup kemungkinan kami mengembangkannya dengan bahasa lain, tapi yang jelas tidak sekarang," kata Danang.

Almaz dengan konfigurasi 7-seater dan teknologi WIND ini sementara baru diperkenalkan saja. Untuk peluncuran dan informasi harganya sendiri baru akan diumumkan pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/12/152400915/mengenal-lebih-dekat-teknologi-perintah-suara-wuling-almaz

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.