Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Dituntut Ribuan Konsumennya

Kompas.com - 31/05/2017, 16:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Merek mobil asal Amerika, Ford dituntut hampir 7.000 konsumen, pemilik Fiesta dan Focus, karena kecacatan transmisi PowerShift yang merupakan masalah Ford selama bertahun-tahun.

Tuntutan tersebut menyebutkan, kalau Focus 2012-2011 dan 2011-2016 Fiesta sedan, dilengkapi dengan transmisi dual-clutch yang rusak, di mana rentan terhadap getaran, tergelincir, bucking, menyentak, kurang enak saat mengganti gigi, dan dalam beberapa kasus, akselerasi terjadi secara mendadak atau tertunda.

"Ford harus bertanggung jawab atas cacat desain dan pembuatan dari transmisi PowerShift yang telah membahayakan keselamatan, serta biaya kerugian pemilik yang signifikan terkait nilai kendaraan, transportasi yang andal dan hilangnya waktu," ujar Ken Stern, Founder&Principal dari Stern Law PLLC, mengutip Autonews, Rabu (31/5/2017).

Pihak penggugat tidak meminta satu kali pembayaran ganti rugi dengan jumlah besar, tetapi diberikan kepada setiap konsumen dan disesuaikan berdasarkan kerugian yang diderita konsumen atau klien.

Sampai saat ini, pihak Ford masih belum mau berkomentar mengenai perihal tersebut, termasuk proses pengadilan.  "Ford berkomitmen untuk menyediakan kepada pelanggan, kendaraan yang punya kualitas  terbaik," ujar juru bicara Ford.

Pada tanggal 1 Januari 2011, Ford mengeluarkan buletin layanan teknis kepada para diler, di mana menyebutkan kalau transmisi PowerShift Fiesta dapat menyebabkan hilangnya power, sentakan, atau kurangnya respon throttle ketika mengemudi.

Gugatan tersebut mengatakan, Ford telah menerbitkan lebih dari 20 buletin layanan teknis yang berkaitan dengan model yang terkena dampak, tapi belum dapat menemukan perbaikan yang tepat dan secara konsisten.

Pada 2014, Ford memperpanjang garansi powertrain dari lima tahun (60.000 mil) menjadi tujuh tahun (100.000 mil) untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Ini bukan tuntutan hukum pertama terkait dengan transmisi.

Pada tahun 2012, firma hukum Capstone Partners APC yang berbasis di Los Angeles, mengajukan tuntutan pertama dari tiga tuntutan hukum di Pengadilan Negeri Amerika Serikat, atas nama pemilik yang mengklaim bahwa kendaraan mereka mengalami kerusakan berulang-ulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com