Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Resign", Mantan Bos Ford Terima Kompensasi Rp 700 M

Kompas.com - 26/05/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Pasca anjloknya saham Ford sampai 37 persen, Ford akhirnya mengumumkan penggantian pimpinan perusahaan Mark Fields, Senin (22/5/2017). Namun, Fields keluar dari Ford dengan mengantongi kompensasi mencapai Rp 57,5 juta dolar AS atau Rp 765 miliar.

Mengutip Autonews, Kamis (25/5/2017) jika dirici, porsi terbesar yang diberikan yaitu dari penghargaan kinerja berupa saham yang tidak diinvestasikan, sebesar 29,4 juta dolar AS setara dengan Rp 391 miliar.

Fields juga berhak mendapatkan uang sekitar 17,5 juta dolar AS (Rp 232 miliar) untuk tunjangan pensiun, ditambah opsi saham senilai 8,1 juta dolar AS (Rp 107 miliar) dan bonus insentif diperkirakan sekitar 2,1 juta dolar AS atau Rp 27 miliar.

Fields setuju untuk mengundurkan diri 19 Mei 2017 setelah dewan tersebut kehilangan kepercayaan pada kemampuannya, mengelola pasar mobil Amerika Serikat yang menurun. Dirinya digantikan oleh Jim Hackett, pemimpin divisi Smart Mobility pada 2016, dengan fokus pada teknologi otonom, data, dan layanan baru.  

"Saya sangat berterima kasih kepada Mark, dia memiliki karir yang sangat hebat di sini, tapi ini adalah waktunya sebuah perubahan besar, di mana belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Bill Ford, Executive Chairman, pada konferensi pers pengenalan Hackett sebagai CEO baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com