Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Roof Box atau Roof Rack, Berapa Bujetnya?

Kompas.com - 29/04/2024, 08:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk liburan jarak jauh bersama keluarga, banyak juga orang yang memilih untuk menggunakan mobil. Agar ruangan di kabin tetap lapang, bisa disiasati dengan memasang roof box atau roof rack.

Roof box atau roof rack banyak digunakan untuk bepergian jarak jauh. Salah satunya saat untuk perjalanan mudik Lebaran beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ingat, Tidak Semua Mobil Boleh Dipasang Roof Box

Sebagian orang mungkin masih ada yang ragu untuk memasangnya. Sebagian lainnya mungkin masih menyiapkan bujet untuk membeli roof box atau roof rack.

Roof rack untuk mobilKompas.com/Donny Roof rack untuk mobil

Ryan, dari Aneka Jaya Variasi di Pasar Segar Cinere, Depok, mengatakan, untuk roof box pilihannya cukup beragam. Mereknya ada banyak, seperti Otoproject, Sunrise, Aeroklas, dan lainnya.

"Untuk yang termurahnya itu Rp 1,3 juta. Tapi, ada juga yang di atas Rp 8 juta," ujar Ryan, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Jangan Asal Pasang Roof Rack di Atap Mobil

Ryan menambahkan, kapasitasnya juga beragam, ada yang 300 liter, 360 liter, 400 liter, 470 liter, 600 liter, bahkan ada yang sampai 900 liter. Modelnya juga beragam, ada yang standar dan slim.

Pilihan roof box dan roof rack di Aneka Jaya Variasi di Pasar Segar CinereKompas.com/Donny Pilihan roof box dan roof rack di Aneka Jaya Variasi di Pasar Segar Cinere

"Untuk kakinya atau roof rail, beragam juga harganya. Ada yang Rp 700.000 sampai Rp 950.000. Sebab, mereknya juga banyak," kata Ryan.

Sedangkan untuk roof rack, Ryan mengatakan, harganya berkisar di Rp 1,9 jutaan, sudah termasuk kaki-kakinya. Mereknya pun bermacam-macam, ada dari Sunrise, Dadone, Aeroklas, dan Buzz Rack.

"Harga tersebut sudah termasuk pemasangan," ujarnya.

Roof box untuk mobilKompas.com/Donny Roof box untuk mobil

Dede Ardiansyah, dari Roof Box Whale Carrier, mengatakan, sesuaikan ukuran roof box dengan mobil yang digunakan. Selain itu, jangan lupa bahwa roof box hanya digunakan untuk membawa barang besar dan ringan yang memenuhi kabin.

"Berat maksimal yang ada di dalam roofbox adalah 50 kg. Kalau lebih dari itu, yang ditakutkan atap mobil bisa penyok," ujar Dede.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com