Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Akhirnya “Luluh” di Inggris

Kompas.com - 17/10/2016, 07:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

London, KompasOtomotif – Nissan Motor Company (NMC) menyatakan kalau Inggris masih akan menjadi tempat baik untuk berbisnis. Ini diucapkan Carlos Ghosn CEO Nissan, seusai bertemu dengan Theresa May, Perdana Menteri Inggris.

Padahal sebelumnya, produsen asal Jepang ini menyatakan dengan terbuka, bakal menahan investasi untuk pabriknya di Sunderland, pasca keluarnya Inggris dari Eropa (Brexit). Namun, nampaknya sang perdana meneteri kali ini berhasil meluluhkan produsen mobil terbesar di Inggris tersebut, untuk terus berinvestasi di negaranya.

Baca juga : Nissan “Tahan” Investasi di Inggris

"Setelah pertemuan produktif kami, saya yakin pemerintah akan terus memastikan kalau Inggris akan tetap menjadi tempat yang kompetitif untuk melakukan bisnis," ujar Ghosn setelah bertemu May, Jumat (14/10/2016) untuk mencari kepastian atas dampak Brexit.

infinitipress.eu Pabrik Nissan Sunderland, Inggris.

Sementara May mengatakan, kalau pemerintah ingin terus menghidupkan industri mobil di Inggris. “Kami akan terus bekerja sama dengan Nissan, di mana kami akan mengembangkan lingkungan industri otomotif berdaya saing baik untuk memastikan kemajuan dan keberhasilannya," tutur May, mengutip Automotive News, Minggu (16/10/2016).

Ghosn tidak menjelaskan, apakah dirinya bersama May juga mendiskusikan masalah kompensasi, untuk menjaga biaya produksi tetap sesuai harapan, serta membuat harga mobil yang diproduksi di Inggris tidak melambung tinggi.

“Kami ingin memastikan bahwa pabrik berstandar global kami tetap kompetitif di bisnis otomotif dan terus berkontribusi baik untuk bisnis kami dan untuk Inggris,” ujar Ghosn. Sampai saat ini, fasilitas Nissan di Sunderland memiliki 7.000 pegawai.

Sejauh ini, pabrik tersebut memproduksi 500.000 mobil tiap tahunnya, atau kurang dari sepertiga total volume produksi Inggris mencapai 1,6 juta tahun lalu. Pabrik ini memproduksi Nissan Qashqai, Note, mobil listrik murni Leaf, serta Infiniti QX, dan QX30.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com