Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2016, 15:46 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Suzuki menampilkan dua inovasi terbaru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Teknologi tersebut adalah Dual Jet Engine dan New Generation Platform (Body Light Technology).

Dual jet merupakan teknologi mesin terbaru yang merupakan pengembangan dari mesin berkapasitas 1.000 cc. Mesin bensin dengan kode K10C ini mengembangkan fitur untuk efisiensi termal yang dihasilkan dari rasio kompresi.

Mesin juga mengadopsi sistem dual-injection serta pengurangan gaya gesek (friction reduction) yang membuat performa tingginya seimbang dengan efisiensi bahan bakar.

Energi dari pembakaran diubah menjadi energi mekanik secara efisien dengan mengoptimalkan kinerja rasio kompresi yang mengadopsi cooled EGR system dan piston cooling jets untuk mengontrol pembakaran.

Efisiensi bahan bakar ditingkatkan dengan penerapan dual-injection system dan kepala piston yang membentuk cekungan. Suzuki juga menghadirkan beberapa teknologi di dalam mesin ini yang disebut friction reduction technologies, seperti penggunaan roller-rocker type valve lifters.

Generasi Baru
Platform generasi baru dirancang untuk meningkatkan kekokohan, mengurangi berat dengan melakukan desain ulang yang mendasar dari struktur bodi mobil. Platform baru ini juga mengoptimalkan desain kendaraan secara keseluruhan, termasuk bagian yang berada di bagian bawah kendaraan.

Hal tersebut juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, keamanan, penanganan, stabilitas, dan kinerja NVH (Noise, Vibration, & Harshness) di seluruh lini produk. Pengurangan bobot kendaraan 100 kg akan meningkatkan efisiensi bahan bakar sampai 5-6 persen.

Teknologi ini juga bisa meningkatkan akselerasi dan juga kestabilan mobil pada saat dikendarai serta meningkatkan faktor keamanan.

”Kami menggabungkan produk dan teknologi sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan otomotif Tanah Air. Kami ingin masyarakat melihat langsung produk terbaik yang dihasilkan Suzuki saat ini, berasal dari teknologi yang telah kami kembangkan,” kata Davy J Tuilan, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Teknologi ini sebenarnya sudah pernah diterapkan oleh pabrikan lain. Misalnya, Mazda dengan Skyactiv-nya, atau Ford yang memaksimalkan kinerja mesin dengan Ecoboost.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com