Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Spesifikasi Suzuki S-Cross, Sanggup Lawan BR-V?

Kompas.com - 16/08/2016, 07:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Nama SX4 muncul lagi di Indonesia setelah Suzuki meluncurkan generasi terbarunya, SX4 S-Cross, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Sama seperti generasi sebelumnya, S-Cross didesain campuran hatchback dan crossover.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) memilih kelasnya sebagai crossover atau low SUV, menempatkanya menjadi pesaing BR-V, Rush, dan Terios. Lantas punya apa mobil rancangan Maruti Suzuki di India ini buat konsumen Indonesia? Berikut ulasannya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Buritan Suzuki S-Cross
Urusan mesin, S-Cross dibekali 4-silinder 1.491cc M15 berteknologi DOHC dan VVT dengan tenaga 109 PS dan torsi 138 Nm. Hanya ada dua varian S-Cross dibedakan dari pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Berat kosong manual 1.145 kg, otomatis lebih berat 20 kg.

Febri Ardani/KompasOtomotif Ruang bagasi Suzuki S-Cross.
Desain eksterior diklaim menjunjung aerodinamika. Wajahnya terlihat lebar dengan “mata” besar, makin elegan karena tambahan detail krom pada gril dan bemper. Cahaya lampu depan bisa diatur naik turun sesuai kebutuhan.

Ukuran bodi S-Cross, panjang 4,3 m, lebar 1,765 m, dan tinggi 1,59 m. Jarak poros roda 2,6 m, jarak terendah bodi dengan tanah 180 m, dan radius putar minimum 5,2 m.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kabin Suzuki S-Cross.
Kabin

S-Cross muat untuk 5-penumpang. Buat pengemudi versi otomatis mendapat kemudahan penggantian gigi dari paddle shift di belakang setir. Ada banyak tombol di setir, buat kontrol audio, cruise, dan telepon. Ada dua kantong udara di depan pengemudi dan penumpang depan.

Bagian rangka mengadopsi Total Effective Control Technology yang berfungsi meredam dan menyebarkan energi tumbukan akibat tabrakan. Fitur auto rain sensor dan anti-lock braking system (ABS) jadi standar.

Febri Ardani/KompasOtomotif Jok belakang Suzuki S-Cross.
Harga

S-Cross punya empat pilihan warna Urban Blue, Pearl Artic White, Premium Silver dan Granite Grey. Harga terendahnya Rp 246,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com