Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bangun Pabrik Baru di Malaysia Rp 6,1 T

Kompas.com - 27/05/2016, 07:43 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Toyota Motor Corporation menanamkan investasi sebesar 450 juta dollar Amerika Serikat (Rp 6,1 triliun) untuk mendirikan pabrik baru di Malaysia. Seperti diberitakan Bangkok Post, Rabu (25/5/2016), pabrik baru itu bakal beroperasi mulai 2019.

Toyota sudah punya pabrik perakitan di Malaysia yang beroperasi sejak 1968. Pabrik lama ini  menghasilkan mobil penumpang dan komersial, tapi kini Toyota ingin memisahkannya. Pabrik baru fokus untuk mobil penumpang, sementara pabrik lama khusus mobil komersial.

Lokasi pabrik baru terletak di Klang, Selanggor, kapasitasnya mencapai 50.000 unit per tahun. Meski begitu tidak dijelaskan bakal melahirkan model apa, selama ini kita ketahui Toyota di Malaysia memproduksi sedan Vios.

“Pabrik baru ini adalah hal lain dari usaha untuk menciptakan rencana pabrik yang kompetitif, mengikuti keputusan tahun lalu untuk mendirikan pabrik baru di Mexico, jalur produksi baru di China, dan pembukaan dua pabrik mesin tahun ini di Indonesia dan Brazil,” kata Managing Officer Toyota, Tatsuro Takami.

Operasional pabrik baru dilakukan oleh perusahaan perakitan berbasis di Malaysia, Assembly Services Sdn Bhd yang merupakan anak perusahaan dari join venture United Motor Works Toyota Motor Sdn Bhd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com