Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Bangun “R&D Test Centre” Pertama di Thailand

Kompas.com - 30/04/2016, 12:44 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Samut Prakan, KompasOtomotif - Nissan telah resmi membuka Nissan Motor Asia Pacific (NMAP) R&D Test Centre di Samut Prakan, Thailand. Fasilitas baru NMAP ini, diutamakan untuk melayani lima negara Asia Tenggara, mulai Indonesia, Filipina, Malaysia, Vietnam dan Thailand sendiri.

Di samping kelima negara inti tersebut, lokasi ini juga akan jadi tempat pengetesan produk untuk lebih dari 90 negara di seluruh dunia. Pihak Nissan mengatakan, R&D Test Centre ini akan jadi laboratorium untuk menggali keinginan konsumen Asia Tenggara dan secara cepat bisa selaras dalam memenuhi kebutuhan pasar.

Mengutip Paultan.org, Jumat (29/4/2016), ruang lingkup fasilitas tersebut akan diperbesar dari yang hanya sekedar jaminan kualitas, ke fase pengembangan produk hulu, di mana evaluasi untuk produk prototipe yang diuji coba, akan dilakukan di sini.

“Pekerjaan akan dipindahkan dari Jepang ke Thailand, ini dalam rangka memastikan produk kami sesuai dengan kebutuhan pasar. Kami memiliki visi memperluas tanggung jawab ke fase hulu perencanaan kendaraan," kata Hiroshi Nagaoka, Corporate VP Nissan Motor.

Nagaoka menambahkan, investasi yang ditanamkan mencapai lebih dari 1 miliar baht (Rp 377 miliar), yang digunakan untuk menambah luas fasilitas yang sebelumnya sudah ada, sebesar 6.600 meter persegi. Ini merupakan fasilitas pengujian pertama di Thailand. Pada akhir tahun fiskal 2016, total 330 staf akan dipekerjakan, dengan insinyur lokal yang sudah dilatih di Jepang.

"NMAP R&D Test Centre merupakan tonggak penting, tidak hanya untuk Nissan tapi juga Kerajaan Thailand, bahkan dalam pengembangan industri otomotif yang dinamis di Thailand secara menyeluruh," ujar Kazutaka Nambu, Presiden Nissan Motor Thailand.

Sebanyak 12 model akan diuji di lokasi ini, termasuk Navara, Almera dan X-Trail Hybrid. Nissan memiliki 13 R&D Centre di seluruh dunia, dan Thailand salah satunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com