Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Tahun Lagi Mobil Sport Mazda Bermesin Rotary Diluncurkan

Kompas.com - 16/11/2015, 19:00 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif – Pada perhelatan Tokyo Motor Show akhir Oktober 2015 lalu, Mazda meluncurkan satu mobil sport konsep, yakni RX-Vision. Kabar terbarunya, model bermesin rotary itu akan diluncurkan dua tahun lagi, atau bertepatan saat perayaan ulang tahun mesin rotary ke-50.

Seorang eksekutif Mazda, seperti dilansir laman Worldcarfans, Senin (16/11/2015) menjelaskan, di 2017 mesin rotary yang dikembangkan Mazda menginjak usia 50 tahun. Diperayaan ulang tahun emas tersebut, menurut Mazda, momen tepat untuk meluncurkan RX-Vision.

Mesin rotary di mobil sport itu nantinya akan dikombinasikan dengan teknologi Skyactiv-R dan bermesin depan, berpenggerak roda belakang (rear wheel-drive) serta dibalut desain Kodo, bahasa desain terkini Mazda. Saat ini, produsen otomotif asal Jepang itu sedang melakukan pengujian.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mazda RX-Vision debut di Tokyo Motor Show 2015.

Spesifikasi teknis RX-Vision ini belum terungkap, tapi berbagai spekulasi sudah bermunculan, salah satunya menyebutkan akan dilengkapi mesin listrik turbo yang berfungsi memberikan tenaga pada RPM rendah dan bobotnya akan kurang dari 1.400 kg. Bahkan untuk namanya disebut dengan RX-9.

Mengenai mesin rotary, Mazda pertama kali menjualnya pada 1967 silam. Sudah banyak penghargaan yang dikantongi Mazda melalui mesin rotary, salah satunya di balapan 24 jam di Le Mans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com