Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyapa Buyut Teknologi Rotary Mazda di Tokyo

Kompas.com - 30/10/2015, 09:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Cosmo Sport, model pertama Mazda dengan mesin rotary telah diperkenalkan 30 Mei 1967 dan menjadi salah satu momen bersejarah dalam otomotif. Kini penampilannya di hadapan publik kembali terjadi, yakni saat menemani calon penerusnya di era modern, konsep RX-Vision, di Tokyo Motor Show 2015.

Boleh diakui pamor Cosmo Sport memang sudah pudar, lokasi penampakanya di booth Mazda pun di belakang model komersial. Meski begitu sedan kupe tipe gran touring ini layak dapat penghormatan lebih.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mazda Cosmo Sport.
Cosmo Sport telah membawa semangat Mazda mengembangkan mesin rotary lebih jauh, banyak mobil lain yang telah dihasilkan seperti Familia Rotary, Luce Rotary Coupe, RX series, dan model lain untuk kompetisi balap. Model terakhir adalah RX-8 yang sudah diputuskan untuk pensiun pada 2012 sekaligus menghapus penggunaan mesin rotary pada model produksi.

Setelah itu beredar rumor Mazda bakal berhenti mengembangkan mesin rotary. Meski sudah banyak inovasi yang diterapkan, tetap ada tiga masalah utama yang sulit disingkirkan, yaitu efisiensi bahan bakar, emisi, dan daya tahan.

Teknologi Skyactiv yang selama ini sudah digunakan pada seluruh model Mazda ternyata adalah jawaban buat mengatasi kelemahan mesin rotary. Mazda memperkenalkan ciptaan baru yang menggabungkan keduanya, Skyactiv-R. Debut dunianya dikemas dalam raga konsep RX-Vision.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mazda RX-Vision menggunakan mesin Skyactiv-R yang menjadi penerus mesin rotary.
Mesin RX-Vision berada di depan dan berpenggerak roda belakang, seperti ciri khas mobil sport konvensional. Inilah interpretasi Mazda pada model sport dengan mesin rotary di masa depan. Tidak banyak detail teknologi yang diterangkan, namun Skyactiv-R disebut sebagai cikal bakal evolusi mesin rotary Mazda.

Sekarang, Mazda mengklaim sebagai satu-satunya manufaktur yang berhasil memproduksi dan menjual mobil bermesin rotary ke pasaran. Semua itu tentu tidak bisa dilakukan tanpa sang pelopor, Cosmo Sport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com