Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Tokyo, Jepang

Honda Lahirkan BR-V, Daihatsu Cuek

Kompas.com - 28/10/2015, 06:01 WIB
Azwar Ferdian

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif - Persaingan di kancah otomotif nasional semakin sengit. Beberapa produsen menelurkan produk terbaru guna mengejar volume produksi dan penjualan di Tanah Air. Sebut saja Honda Prospect Motor (HPM) yang makin genjar menggenjot target penjualan, dengan melahirkan produk anyar.

Dimulai dari Mobilio, lalu bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC), HR-V dan disusul dengan crossover ringkas (compact), BR-V. Perjudian Honda dengan menelurkan banyak produk tentu saja dengan tujuan meningkatkan volume, dengan menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi.

Honda bisa dikatakan harus rela merambah segmen yang lebih membumi, yang ternyata harus berbenturan dengan Daihatsu. Pertarungan di segmen MPV bawah sudah riuh dengan hadirnya Mobilio yang mengganggu kejayaan Xenia dan Avanza. Lalu, SUV bawah dengan jagoan duo-Astra, Rush-Terios juga akan diusik Honda melalui BR-V.

"Honda yang memang bisa dibilang sedang gencar mengejar volume. Tapi sebenarnya secara produk kami tidak bertemu langsung dengan mereka. Dimulai dari Mobilio, yang menurut kami tidak bersua dengan Xenia. Mobilio itu secara harga lawannya Avanza, kalau Xenia bertarung dengan Ertiga," jelas Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Tokyo, Selasa (27/10/2015).

Amelia melanjutkan, kehadiran BR-V juga dianggap tidak mengusik keberadaan Terios, melainkan akan bertemu dengan Rush. "Bila kita bandingkan secara harga, lawannya bukan Terios. Tapi, tentunya lahirnya BR-V akan disambut baik oleh pasar yang bisa makin memberikan banyak pilihan buat konsumen," ujar Amelia.

Kondisi pasar

Bicara mengenai kondisi pasar di sisa dua bulan terakhir 2015 ini, ADM masih bersyukur meskipun mengalami penurunan tapi masih mendapat kenaikan di sektor pangsa pasar. Daihatsu kini fokus untuk berbenah di sisa 2015, sambil menatap strategi baru menghadapi 2016.

"Prediksi Gaikindo penjualan di akhir 2015 ada di angka 950.000 sampai 1 juta unit. Tapi memang agak berat, karena di Oktober ini cenderung stagnan. Sampai September lalu, penjualan secara nasional turun 18 persen, sedangkan Daihatsu hanya turun 11 persen tapi market share naik 1,4 persen, ini patut disyukuri," tambah Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head, PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (DSO) kepada KompasOtomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com