Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Hanya Butuh 20 Bulan buat Bikin Model Baru

Kompas.com - 17/03/2015, 19:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Stockholm, KompasOtomotif - Volvo berusaha bergerak cepat setelah mendapat suntikan baru dari Geely. Setelah platform modular barunya selesai, merek asal Swedia ini mengaku bisa menciptakan model baru lebih cepat hingga dua kali lipat ketimbang pabrikan lain.

Peter Mertens, Kepala Pusat Riset dan Pengembangan Volvo dilansir Carscoop (16/3/2014), mengatakan, ketika model pengganti dari Volvo V40 meluncur, seluruh model baru perusahaan hanya butuh waktu 20 bulan untuk pengembangan.

Volvo V40, saat ini masih dijual di seluruh dunia, kecuali Amerika Utara, membutuhkan waktu pengembangan dalam 42 bulan. Menurut Mertens, Toyota dan Mazda membutuhkan waktu sekitar 26 bulan untuk menciptakan model baru dan bisa menjadi patokan standar pengerjaan industri otomotif secara umum.

Dengan percepatan ini, Volvo diaharapkan bisa bergerak lebih lincah, bersaing di pasar mobil premium global. Ke depan, Volvo hanya akan mengandalkan dua platform dasar untuk semua model yang diproduksinya. Model pertama yang sempat dipamerkan menggunakannya, adalah XC90 yang baru dipasarkan mulai tahun depan.

Kedua platform kompak ini diciptakan menggandeng perusahaan pemilik Geely dan akan digunakan oleh kedua merek.

Dengan waktu pengembangan lebih cepat, maka siklus hidup satu model Volvo dipastikan akan lebih singkat. Menghindari kondisi di mana satu model bertahan 10-12 tahun tanpa ada ubahan signifikan, seperti yang terjadi di masa-masa sebelumnya.

Sebagai perusahaan relatif kecil, strategi ini dianggap penting dalam menghadapi persaingan dengan raksasa lain di pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com