Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Balap Pengantar Podium Pertama Schumacher Dilelang

Kompas.com - 11/11/2014, 19:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

London, KompasOtomotif – Podium kemenangan memang sangat akrab bagi Michael Schumacher di ajang Formula 1. Namun yang patut dikenang adalah ketika pertama kali dirinya naik podium. Saat itu, di GP Meksiko 1992, di balapan kedelapan, mobil Bennetton-Ford warna kuning-hijau berhasil mengantarkan Schumi merebut pos ke-3.

Kini, mobil bersejarah itu pun dilelang. Sosoknya muncul di Bonhams Bond Street Sale, London, Inggris. Spesifikasi masih sama, tidak pernah ada perubahan, apalagi wajahnya. Semua dibiarkan seperti aslinya ketika menjadi saksi bisu pembuka jalan Schumi menjadi legenda.

Kendati demikian, menurut data Bonhams, tak hanya Schumi yang naik mobil single-seater ini. Tercatat ada tiga pebalap hebat lain yang pernah menaikinya, meski bukan untuk membalap, tetapi untuk keperluan promosi di era 1990-an.

Menurut keterangan komentator F1 James Knight, mobil ini pernah dipakai Nelson Piquet saat dikendarai di jalanan Adelaide saat merayakan GP terakhirnya di musim 1991. Lalu Martin Brundle juga pernah menaikinya setelah GP Afsel 1992.

Mobil ini akan dilelang pada 30 November. Perkiraan harga awalnya 240-000-300.000 poundsterling (Rp 4,6 hingga 5,8 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com