Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spekulasi Harapan Hidup Michael Schumacher dalam Hitungan Tahun

Kompas.com - 04/11/2014, 11:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Gland, KompasOtomotif - Keraguan atas kesehatan Michael Schumacher masih terus berlanjut. Selain prediksi, hingga kini tak ada satupun orang yang berani menyatakan apakah sang legenda Formula One (F1) itu akan sembuh setelah terjatuh dari kecelakaan ski akhir tahun lalu.

Beberapa media Inggris mengklaim, sang istri Corinna Betsch telah menghabiskan dana 100.000 poundsterling (Rp 1,9 miliar) untuk segala kebutuhan harian Schumacher, termasuk perawatan 24 jam dan peralatan medis canggih, di rumahnya di Gland, Geneva, Swiss. Namun kesadaran Schumacher hingga saat ini tetap kecil, ia tidak bisa duduk tanpa bantuan apalagi berbicara atau berjalan.

Mantan dokter F1 Gary Hartstein meragukan Schumacher akan pulih dari kondisi fisik yang kini ia derita. Hartstein memang dikenal pesimis dengan kondisi pensiunan pebalap F1 ini, ia mengekspresikan kekhawatirannya sebab hanya sedikit informasi yang diketahui.

“Setelah waktu berlalu sedikit demi sedikit kesempatan Michael kembali dalam kondisi signifikan,” kata Hartstein, seperti diberitakan Worldcarfans, Senin (3/11/2014). Hartstein mengindikasikan Schumacher berada dalam tahap comatose atau koma berkepanjangan.

“Harapan hidup dari pasien comatose yang tidak berkembang secara neurologis diukur dalam hitungan bulan sampai relatif beberapa tahun,” ungkap Hartstein.

Keraguan terus ada, tidak hanya tentang kepulihan tapi apakah Schumacher akan menjadi pria yang sama seperti dulu. Schumacher kini berumur 45 tahun, ia lahir pada 3 Januari 1969, menikah dengan Corinna pada Agustus 1995, dan memiliki dua anak, laki-laki dan perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com