Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Baby” G-Class Mercedes-Benz Hadir 2019

Kompas.com - 01/10/2014, 15:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif - Laporan terbaru dari Car Magazine Selasa (30/9/2014), disebutkan Daimler sedang menyiapkan varian kompak dari SUV G-Class. Hingga kini masih dikenal dengan kode internal X247, namun saat unit produksi dimulai pada September 2019 akan disebut sebagai Mercedes-Benz GLB.

Mengadopsi sistem kerja 4X4, posisinya paling junior di keluarga G. Punya karakter garang dan “pekerja keras” dibanding GLA-Class. Pada tahap awal pengembangan, “baby G-wagen” tadinya akan punya dua tipe bodi namun saat kerja sama Mercedes-Benz dan Infiniti, menuntut volume produksi lebih banyak, hanya ada tipe long wheelbase berkapasitas 7-penumpang.

Sinkronasi menggabungkan seluruh visual G-Class, proporsi B-Class, dan dinamis seperti GLA-Class yang dibangun di atas generasi terbaru platform global MFA2. Hasilnya, model lebih ringan, kaku, fleksibel, serta murah biaya produksi.

Menurut sumber, X247 akan mendapatkan mesin 3-silinder dari Renault. Namun ada varian lain yang lebih bertenaga, menggunakan diesel 2.0L bertenaga 204 PS dan bensin 2.0L dengan kemampuan 272 tk. Untuk versi terkuat, GLB 45 AMG, dibekali tenaga 380 tk.

Saat mulai diedarkan di pasaran GLB punya dua pilihan karakter, yakni dengan bodi kit on road plus penggerak roda depan atau seting khusus untuk off road bersama sistem gerak 4Matic 4X4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com