Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Kenyamanan Bus Seharga Rp 4,34 Miliar

Kompas.com - 24/09/2014, 20:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kabin full kulit, mulai jok, atap, hingga dinding.

Jakarta, KompasOtomotif – Tak cuma mobil konsep, truk dan kendaraan penumpang juga menarik disimak dalam IIMS 2014. Bus-bus ”cakep” bertebaran ditawarkan para karoseri papan atas. Seperti Jet Bus 2 garapan Adi Putro ini, konsep cozy di dalamnya tidak main-main. Menggunakan sasis Mercedes-Benz terbaru, desain yang disajikan bus sepanjang 13 meter itu serasa seperti fasilitas VVIP.

Saat naik, sambutan nuansa kulit ada di mana-mana. Bekleed jok, dashboard pengemudi, hingga atap dan bagian samping. Pilihan warna tanah membuat suasana semakin nyaman. Lampu-lampu LED menambah ambience dalam kabin tampak mewah.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Di dalam bus ini seperti di dalam pesawat kelas utama.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Meja dan jok untuk bersantai atau meeting.

Ada 21 tempat duduk siap memanjakan penumpang, terdiri dari jok biasa dengan monitor 10 inci, dan jok plus meja di bagian belakang, untuk digunakan bersantai atau melakukan meeting. Masing-masing jok bisa direbahkan mendatar (untuk tidur) mirip kabin pesawat kelas utama. Disiapkan juga power outlet di masing-masing jok untuk kebutuhan pengisian ulang baterai gadget.

”Bus semacam ini sudah digunakan perusahaan oto bus di Aceh. Sudah 1 unit yang beroperasi, dan delapan unit sedang dalam pengerjaan,” jelas Mario Nito, salah satu tenaga pemasar Adi Putro di booth outdoor JI Expo, Kemayoran, kepada KompasOtomotif, (24/9/2014).

Dari penjelasan Mario, bus yang beredar adalah milik PO Kurnia dan Putra Pelangi. Sasis menggunakan milik Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 yang punya banyak kelebihan. Ditambahkan, paduan antara sasis canggih dan kenyamanan maksimal itu menelan biaya Rp 4,34 miliar, terbagi atas Rp 1,5 miliar untuk sasis dan Rp 2,844 miliar untuk karoseri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com