Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Resah di Rusia

Kompas.com - 09/09/2014, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Bloomberg

Kaluga, KompasOtomotif - Volkswagen semakin resah di Rusia menyusul semakin tegangnya kondisi politik, pelemahan nilai tukar rubel, dan penurunan upah pekerja. Akibatnya, produsen mobil terbesar di Eropa ini memutuskan untuk mengurangi kapasitas produksinya di pabrik Kaluga dari 150.000 unit tahun ini, menjadi hanya 120.000 unit saja.

Menurut majalah lokal Jerman, Automobilwoche, dilansir Bloomberg (8/8/2014), keputusan ini sudah diambil. Pabrik Kaluga saat ini merakit beberapa model VW, yakni Polo dan Tiguan. Juga ada model lain, Skoda Fabia dan Octavia.

Menyangkut rencana ini, juru bicara VW memilih untuk tidak berkomentar panjang. Dirinya justru membenarkan kalau kapasitas produksi perusahaan di pabrik Kaluga tengah dikurangi karena kondisi bisnis yang kurang kondusif.

"Meski demikian, Grup VW masih punya komitmen penuh terhadap pasar Rusia dan tetap akan memenuhi rencana investasinya di Rusia," jelas juru bicara itu.

Resah
Automobilwoche juga menulis ada keresahan yang langsung disampaikan salah satu eksekutif Peter Christian Kuespert dari Opel. Rusia merupakan pasar terbesar Opel di Eropa.

"Tidak ada keraguan kondisi di Rusia mengkhawatirkan. Pasar sudah turun dalam dua bulan terakhir dan kondisi Ukraina memperbesar ketidakpastiannya," jelas Kespert.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com