Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Ford EcoBoost Laris Manis di Eropa

Kompas.com - 14/08/2014, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Punya predikat sebagai mesin terbaik di dunia, EcoBoost 1.0 liter milik Ford, masih belum bisa menarik minat pembeli di Indonesia. Tapi, kondisi berbeda terjadi di Eropa, di mana mesin ini menjadi favorit dari model kendaraan yang menggunakan jantung pacu lain.

Menurut data penjualan, ketiga model B-MAX, Focus, dan Fiesta yang dibekali mesin 1.0 liter Ecoboost tercatat sebagai yang terlaris di Eropa pada paruh pertama tahun ini. Artinya, dari setiap lima unit mobil yang terjual, salah satunya pasti menggunakan EcoBoost.

Ford berhasil menjual 120.000 unit kendaraan bermesin EcoBoost periode Januari-Juni 2014, naik 15,3 persen dari tahun sebelumnya hanya 104.000 unit. Varian EcoBoost bekontribusi terhadap 47 persen total penjualan B-MAX, 33 persen Focus, dan 30 persen Fiesta. Selain ketiga model itu, pilihan mesin EcoBoost juga kini tersedia pada pilihan model lain, seperti EcoSport, C-MAX, Tourneo Connect, Tourneo Courier, Transit Connect, dan Transit Courier.

"Pelanggan terlihat menikmati keuntungan yang diperoleh dari mesin kecil yang menawarkan efisiensi bahan bakar tapi tidak kompromi pada kemampuan. Kini jumlah model yang ditawarkan menggunakan mesin EcoBoot meningkat jadi 11 model, dengan peluncuran Mondeo beberapa bulan kedepan, juga ada Fiesta Red Edition, dan Black Edition menunjukkan potensi lebih besar lagi," beber Barb Samardzich, Kepala Operasional Ford Eropa dilansir Carscoop (13/8/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com