Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Beberkan Tenaga Mesin Ecoboost 2.7L

Kompas.com - 23/07/2014, 12:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Dearborn, KompasOtomotif – Ford mengumumkan kelanjutan pengembangan mesin Ecoboost 2.7L sebagai jantung pikap bongsor F-150. Dengan konfigurasi V6 turbocharged, tenaga yang dihasilkan mencapai 325 PS dengan torsi 508 Nm. Paket tersebut akan menggusur mesin lama 5.0L V8 yang saat ini masih dipakai.

Mesin bertenaga besar itu dibantu material bodi aluminium yang memastikan bobot lebih ringan. Begitu pula dengan power-to-weight ratio, 15 persen lebih tinggi dibandingkan tipe V8. Daya angkut mencapai 1.020 kg dan sanggup menarik beban 3,8 ton.

Selain mesin Ecoboost, Ford juga menyediakan paket mesin lebih kecil, naturally aspirated 3.5L V6. Mesin ini akan dipasangkan dengan F-150 tipe terendah, yang mempunyai tenaga 283 PS dan torsi 345 Nm. Model ini sanggup mengangkut beban 866 kg dan menarik 3,4 ton.

”Teknologi tingkat tinggi, tenaga, dan efisiensi adalah kombinasi pas untuk F-150 dan mesin Ecoboost. Tenaga dan kemampuan menarik beban dua kali lebih besar dari pesaing, yaitu Toyota Tacoma yang memakai mesin 2.7L empat silinder. Atau mengungguli Chevrolet Silverado dengan mesin 5.3L V8,” sebut Ford dalam rilisnya, (22/7/2014).

Paket mesin kecil dan tenaga ringan itu dipastikan akan mengurangi konsumsi bahan bakar, dan menambah kecil emisi gas buang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com