Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Benar Merawat Fiesta EcoBoost 1.0 L

Kompas.com - 12/08/2014, 08:15 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jimbaran, KompasOtomotif - Fiesta EcoBoost 1.0L hadir dengan mengusung mesin berteknologi terkini. Tapi, PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengklaim bahwa perawatan mesin EcoBoost tidak sulit, bahkan mirip dengan mobil pada umumnya.

New Ford Fiesta adalah model pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara yang dilengkapi dengan mesin EcoBoost 1.0L. Mesin tersebut baru saja meraih gelar Mesin Terbaik Internasional 2014, sebagai gelar ketiga secara beruntun yang diraih sejak 2012.

Mesin tiga silinder ini menggabungkan sistem bahan bakar injeksi langsung, turbocharger dan variable valve timing untuk efisiensi konsumsi bahan bakar. Namun tidak mengorbankan tenaga mesin. Dengan kelebihan tersebut, Ford meyakinkan publik bahwa perawatan mesin EcoBoost tidak rumit dan mahal.

"Secara umum perawatannya sama dengan mobil bermesin konvensional, atau perlakuannya sama dengan Fiesta 1,5 liter. Tidak perlu khawatir, karena yang dibutuhkan tetap hanya perawatan berkala, pengecekan komponen dengan bagian yang sama," jelas Gumgum Prijadi, Marketing Director PT FMI, saat media test drive Fiesta EcoBoost 1.0L, di Jimbaran, Bali, Senin (11/8/2014).

Gumgum melanjutkan, yang berbeda hanya penggunaan pelumas. Karena pada mesin EcoBoost timing belt terendam oli. "Jadi harus menggunakan oli yang lebih encer, dengan ukuran yang tentunya direkomendasikan oleh Ford," lanjut Gumgum.

"Lalu, penggunaan bahan bakar juga wajib diperhatikan oleh pengguna mesin EcoBoost. Kami sangat menyarankan buat menggunakan BBM dengan kadar oktan RON 95. Tapi, bila konsumen memakai RON92 juga tidak masalah. Tidak disarankan adalah menggunakan BBM RON 88, atau jenis Premium," tutup Gumgum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com