Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Mesin Fiesta EcoBoost 1.0 L

Kompas.com - 13/08/2014, 09:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jimbaran, KompasOtomotif - PT Ford Motor Indonesia (FMI) terus berkampanye memperkenalkan semua keunggulan yang ada pada Fiesta EcoBoost 1.0 L. Teknologi baru pada mesin tiga silinder dengan kapasitas 1.000cc menjadi senjata FMI buat menggoda konsumen yang tentunya bermuara pada naiknya angka penjualan.

Pada media test drive Fiesta EcoBoost 1.0 L, FMI juga mengupas tuntas teknologi baru yang ada pada EcoBoost, termasuk semua kelebihan yang dimiliki hatchback asal Amerika Serikat ini, tapi tidak dimiliki mobil lain.

"EcoBoost 1.0 liter adalah mesin tiga silinder pertama Ford dan dirancang di pusat penelitian dan pengembangan di Jerman dan Inggris. Yang membedakan mesin ini adalah bagaimana tim teknik dengan cerdik mengatasi getaran dari jumlah silinder yang ganjil di dalam mesin," jelas Gumgum Prijadi, Marketing Director PT FMI, di Bali, Selasa (12/8/2014).

Teknologi perdana di dunia
Gumgum menjelaskan deretan teknologi baru dan menjadi rahasia kehebatan mesin EcoBoost 1.0 liter. Pertama adalah turbocharger super-kecil dan berkecepatan tinggi. Baling-baling turbin berputar sampai 248.000 RPM untuk menghasilkan dorongan lebih cepat, dan menjadikan New Fiesta menyenangkan untuk dikendarai.

Lalu ada sistem split-cooling, sebagai cara efisien dalam mengelola suhu mesin. Teknologi baru ini memungkinkan pendingin mesin mengikuti dua jalur, satu ke blok silinder dan satu ke kepala silinder. "Dengan sistem ini mesin menjadi lebih cepat panas, menghemat bahan bakar, dan mengurangi emisi," tambah Gumgum lagi.

Ketiga ada pelumasan berdasarkan kecepatan dan beban mesin menghemat energi dengan hanya memberikan jumlah pelumas seperlunya. Cara ini berbeda dari mesin biasa yang memberikan pelumas pada tingkat yang telah ditetapkan.

Efisiensi optimal

Selanjutnya adalah offset crankshaft, dimana piston diposisikan dalam silinder untuk efisiensi yang optimal dan mengurangi gesekan mesin. Dijelaskan, pengendara bisa merasakan respon lebih baik dan akselerasi lebih cepat.

Fiesta EcoBoost 1.0 L punya sistem timing belt mesin yang direndam dalam pelumas. Dengan cara ini mampu  mengurangi gesekan dan menurunkan kebisingan dibandingkan dengan sabuk kering.

"Bagian dalam mesin tersegel erat yang juga berfungsi untuk mengurangi kebisingan. Hal ini menghasilkan mesin yang berjalan lebih senyap bagi pelanggan dan sabuk tidak pernah perlu diganti, sehingga menurunkan biaya kepemilikan," beber Gumgum lagi.

Manifold
Rahasia keempat adalah exhaust manifold yang terintegrasi. Manifold dicetak ke kepala silinder, bukan sekadar ditempelkan seperti pada sebagian besar mesin dan mengurangi berat hampir satu kilogram. Selain itu memastikan campuran bahan bakar dan udara yang optimal dan membantu pemanasan mesin yang lebih cepat.

Terakhir adalah kesenyapan mesin tiga silinder, dengan rancangan komponen logam dan karet yang menghubungkan mesin ke bodi mobil. Sistem ini melindungi kerangka kendaraan dari daya getar mesin, menghasilkan kemulusan ekstrem pada semua kecepatan

"Semua inovasi inilah yang membuat EcoBoost 1.0 liter mendapatkan nilai tertinggi dalam sejarah penghargaan International Engine of the Year. Ford adalah satu-satunya dari tiga produsen mobil yang mencatatkan kemenangan beruntun selama tiga tahun berturut-turut. Ini kampanye yang kami usung buat menandingi kekuatan brand lain," tutup Gumgum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com