Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beijing Siapkan Lahan Parkir untuk 200.000 Mobil

Kompas.com - 22/02/2011, 13:59 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Tingginya penjualan mobil di China—Januari lalu tercatat 1,89 juta unit—cukup memusingkan pemerintah, terutama soal kemacetan yang menjadi permasalahan utama. Kemacetan lalu lintas perlu segera diselesaikan, khususnya di Beijing.  Setelah membatasi penjualan mobil baru mulai tahun ini, pemerintah ibu kota China itu menyiapkan pembangunan lahan parkir berkapasitas 200.000 mobil sampai 2016, dan akhir tahun ini targetnya 50.000 mobil dahulu.

Untuk mengurangikan kemacetan, pemerintah Beijing sudah membatasi pemberian nomor polisi setiap tahun hanya 240.000 nomor supaya penjualan mobil baru bisa ditekan hingga 70 persen. Selain itu, ditekan juga adanya tempat parkir liar yang menjadi salah satu pelanggaran utama lalu lintas, selain mengemudi dalam keadaan mabuk dan tanpa SIM .

Karena itu, menurut Beijing Times, Senin (21/2/2011), aparat pemerintahan juga mempersiapkan peraturan baru dengan hukuman lebih berat bagi pengemudi yang parkir sembarangan, apalagi sampai menutupi jalan atau pintu masuk fasilitas umum (sekolah, rumah sakit, dan lainnya).

Belum terdengar seperti apa hukuman baru bagi para pelanggar aturan ini. Namun, China adalah salah satu negara yang terkenal punya hukuman tegas dan ditaati semua warga negaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com