Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Nyaman dengan Ducati, Marc Marquez Kembali Raih Podium Ganda

Kompas.com - 27/05/2024, 18:19 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez membuktikan dirinya semakin nyaman mengendarai Ducati Desmosedici GP23. Pada MotoGP Catalunya 2024 di Sirkuit Catalunya, pebalap Gresini Racing ini meraih podium ganda.

Pada sprint race, Marc sanggup finis di posisi kedua. Kemudian pada balapan utama, Marc berhasil melewati garis finis di posisi ketiga. Strategi penggunaan ban kompon soft di bagian belakang menjadikan Desmosedici GP23 bisa lebih agresif melewati para pebalap di depannya.

Baca juga: Finis di Urutan Ketiga, Marquez Akui Kalah Cepat dari Pecco dan Martin

Marc mengatakan, dia semakin berkembang dan makin nyaman setiap hari, tetapi jelas bahwa tidak selalu mungkin untuk menyelamatkan akhir pekan seperti di sini dan di Le Mans.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

"Di sisi lain, di sirkuit ini, yang terburuk menurut karakteristik saya, meraih dua podium tentu menjadi pertanda baik untuk musim ini. Sekarang kami memikirkan tentang Mugello dan yang terpenting adalah menyelesaikan masalah di flying lap," ujar Marc, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Alex Marquez mengatakan, dia mempunyai perasaan yang baik sepanjang akhir pekan dan hasil hari ini mencerminkan hal itu. Dia sedikit menderita di awal balapan hari ini, mungkin juga karena secara mental tidak ingin merusak ban soft dan juga dalam pertarungan dengan pebalap lain.

Baca juga: Hasil MotoGP Catalunya 2024; Bagnaia Kalahkan Martin, Marquez Podium Lagi

"Tidak apa-apa, tapi jelas ada sesuatu yang lebih bisa ditemukan pada hari Jumat mulai dari Mugello,” kata Alex.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

Rommy Averdy Saat, Market Development General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mengatakan, talenta Marc tidak perlu diragukan lagi sebagai pemegang Juara Dunia 8 kali. Meski harus memulai balapan dari posisi ke-14, Marc masih bisa mengamankan podium untuk menunjukkan dirinya memang pebalap tak kenal menyerah.

“Bermain di depan ratusan ribu penonton di Sirkuit Catalunya, Marc Marquez tak ingin mengecewakan para penggemarnya. Hasil ini tentu menjadi kebanggaan bagi kami dan konsumen Federal Oil," ujarnya.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024

Persaingan di klasemen Juara Dunia MotoGP 2024 sekarang semakin terbuka lebar, karena hasil akhir Marc kini memiliki 114 poin di peringkat ketiga, tertinggal 41 poin dengan pemuncak klasemen. Sedangkan Alex Marquez berhasil finis posisi ketujuh setelah start dari posisi ke-13, dan berkat poin tambahan tersebut kini Alex berada di peringkat ke-11 klasemen sementara Juara Dunia MotoGP 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com