Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pengguna Jalan Tol Wajib Daftarkan Kendaraannya | 6 Penyebab Gagal Tapping Kartu di Gerbang Tol | Posisi Tuas Transmisi Matik yang Tepat Saat di Lampu Merah

Kompas.com - 27/05/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca ingin tahu mengapa pengguna jalan tol wajib mendaftarkan kendaraannya di aplikasi Cantas. Selain itu, banyak juga yang ingin tahu enam penyebab gagal tapping kartu di gerbang tol.

Tak ketinggalan, posisi tuas transmisi matik yang tepat saat di lampu merah juga banyak dibaca. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Minggu (26/5/2024):

1. Pengguna Jalan Tol Wajib Daftarkan Kendaraannya di Aplikasi Cantas

Gantry MLFF di GT Ngurah Rai, Jalan Tol Bali MandaraKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Gantry MLFF di GT Ngurah Rai, Jalan Tol Bali Mandara

Sistem pembayaran tol non-tunai nir-sentuh berbasis Multi-Lane Free Flow (MLFF) telah resmi menjadi salah satu sistem transaksi jalan tol di Indonesia.

Penetapan dan pemberlakukan MLFF ditandai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol mulai 20 Mei 2024. Melalui revisi PP ini, pengguna jalan tol wajib mendaftarkan nomor kendaraanya ke aplikasi MLFF, yakni Cantas.

Baca juga: Pengguna Jalan Tol Wajib Daftarkan Kendaraannya di Aplikasi Cantas

2. Penjelasan Insiden Pengendara Motor yang Terlindas Truk Saat Akan Ditilang Polisi

Tangkapan layar video viral kecelakaan di perempatan Parcom, Purwakarta, Jawa Barat.Tangkapan layar video viral Tangkapan layar video viral kecelakaan di perempatan Parcom, Purwakarta, Jawa Barat.

Belum lama ini viral di media sosial video yang memperlihatkan rekaman CCTV kecelakaan sepeda motor di Perempatan Combro, Kelurahan Sindangkasih, Kabupaten Purwakarta, Jumat (24/5/2024).

Dalam video rekaman CCTV tersebut, mulanya memperlihatkan kondisi lalu lintas yang ramai lancar dari kedua arah Bandung-Purwakarta dan sebaliknya.

Baca juga: Penjelasan Insiden Pengendara Motor yang Terlindas Truk Saat Akan Ditilang Polisi

3. Ini 6 Penyebab Gagal Tapping Kartu di Gerbang Tol

Ilustrasi tap in di gerbang toljas Ilustrasi tap in di gerbang tol

Gagal tapping di gerbang tol seringkali dialami pengemudi kendaraan, khususnya mereka yang memanfaatkan sistem pembayaran uang elektronik atau e-toll.

Tapping gagal ini tentu bisa mengganggu kelancaran lalu lintas karena bisa menimbulkan kepadatan dan kemacetan.

Baca juga: Ini 6 Penyebab Gagal Tapping Kartu di Gerbang Tol

4. Bocoran Bus Pariwisata Baru Milik PO Pengeran, Pakai Sasis Tronton

Bus pariwisata baru milik PO PangeranInstagram @aditya.m.rafly_ Bus pariwisata baru milik PO Pangeran

Perusahaan otobus (PO) Pangeran akan merilis bus pariwisata baru. Kabar ini makin diperkuat dari beberapa foto yang beredar di media sosial.

Berbeda dari kebanyakan bus pariwisata lainnya, unit ini hadir lebih gahar dan kokoh lantaran digendong oleh sasis jenis tronton. Ciri khas dari sasis bus tronton sendiri yakni punya tiga As roda.

Baca juga: Bocoran Bus Pariwisata Baru Milik PO Pengeran, Pakai Sasis Tronton

5. Posisi Tuas Transmisi Matik yang Tepat Saat di Lampu Merah

Daftar lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia.Shutterstock/Eddy Fahmi Daftar lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia.

Posisi tuas transmisi mobil matik saat berhenti di lampu merah masih seringkali ditanyakan oleh penggunanya. Banyak yang bingung, apakah harus menempatkan tuas transmisi di D atau N ketika berhenti sejenak di lampu merah.

Jika salah, akan berdampak pada kenyamanan berkendara bahkan bisa mengakibatkan umur komponen kendaraan berkurang.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Matik yang Tepat Saat di Lampu Merah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com