Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Tampang Agresif SUV Listrik BMW iX xDrive50 Sport

Kompas.com - 27/05/2024, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW iX xDrive50 Sport hadir dengan desain yang tampak agresif. Tapi, tetap mengusung tampang dengan ciri khas BMW.

Ciri khas yang dimaksud adalah bagian grille yang BMW sebut sebagai "kidney grille". Meskipun, grille pada mobil listrik ini sebenarnya hanya pemanis atau pemberi estetika semata.

Baca juga: Simak Perbedaan BMW iX xDrive50 dengan iX xDrive40

Sebab, grille yang sebenarnya terletak pada bumper bagian bawah. Pada bagian ini, terdapat lubang hawa yang dapat otomatis membuka dan menutup ketika dibutuhkan sirkulasi udara untuk menurunkan temperatur baterai.

BMW iX xDrive50 SportKompas.com/Donny BMW iX xDrive50 Sport

Bicara eksterior iX, bagian depan terlihat agresif berkat sepasang lampu depan dengan bentuk yang sipit. Bagian bumper depan sisi kiri dan kanannya diberi pemanis dengan aksen berwarna hitam.

Beralih ke bagian samping, lekuk bodinya sangat dinamis dengan semakin menurun pada bagian buritan. Aksen hitam yang menghiasi area jendela dan bagian bawah membuat desainnya terlihat lebih dinamis.

BMW iX xDrive50 SportKompas.com/Donny BMW iX xDrive50 Sport

Baca juga: Kakorlantas Polri Pakai Mobil Dinas BMW iX, Intip Spesifikasinya

Salah satu bagian yang menarik ada pada gagang pintunya. Gagang pintu pada iX bukan model flush, untuk membukanya cukup dengan merogoh bagian atasnya. Sehingga, pintunya tetap terlihat rata dan tetap aerodinamis.

Gagang pintu BMW iX xDrive50 SportKompas.com/Donny Gagang pintu BMW iX xDrive50 Sport

Bagian kaki-kaki terlihat padat, karena iX menggunakan ban dengan diameter ring 22. Profilnya juga lebar dengan ukuran 275/40 R22. Jika diperhatikan secara detail, BMW membuat kaliper rem terlihat mencolok dengan warna biru.

Sedangkan pada bagian belakang, bagian atas terlihat manis dengan spoiler berukuran kecil. Bagian paling mencolok di sisi belakang adalah lampunya yang hanya segaris horizontal, senada dengan lampu depannya.

BMW iX xDrive50 SportKompas.com/Donny BMW iX xDrive50 Sport

Kemudian, pada bagian bumper sisi kanan dan kirinya, terlihat ada bagian yang menonjol dan dihiasi dengan diffuser. Bila dilihat dari belakang, siluet iX juga terlihat seksi dengan bagian atas lebih ramping dibandingkan bagian jendela ke bawah.

Untuk ukuran dimensinya, BMW iX memiliki panjang 4.953 mm, lebar 1.967 mm, tinggi 1.595 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm.

Secara keseluruhan, iX terlihat sangat agresif dan sporty dengan kaki-kaki yang padat. Selain itu, SUV listrik ini juga terkesan lebih tangguh dengan jarak terendah ke tanah yang cukup tinggi.

BMW iX xDrive50 SportKompas.com/Donny BMW iX xDrive50 Sport

Saat ini, BMW Indonesia memasarkan iX dengan dua varian, yakni xDrive40 Sport dan xDrive50 Sport. Untuk xDrive40 Sport dibanderol Rp 2,483 miliar (OTR Jakarta), sementara untuk xDrive50 Sport harganya Rp 2,665 miliar (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com