Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Komentari Insiden Bagnaia dan Alex Marquez di Aragon

Kompas.com - 02/09/2024, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia dan Alex Marquez mengalami insiden kecelakaan pada MotoGP Aragon 2024 di Sirkuit Aragon. Kecelakaan ini menimbulkan kontroversi dan memunculkan siapa yang salah dan siapa yang benar.

Pada tikungan ke-13, Alex menabrak bagian belakang Bagnaia yang sedang mencoba menyalipnya. Ban depan Alex tersangkut di bagian belakang motor Bagnaia hingga keduanya sama-sama terjatuh.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Bagnaia dengan Alex Marquez di MotoGP Aragon

Meski kecelakaan tersebut terlihat cukup fatal, keduanya beruntung bisa selamat tanpa cedera yang serius.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Jack Miller mencoba bersikap netral melihat kejadian tersebut. Dia mengatakan, ini bukan kecelakaan balap biasa, karena salah satu pebalap sudah berada di depan pebalap lainnya.

"Alex tidak ingin menyerahkan posisinya begitu saja, namun kesalahan telah terjadi. Pecco mampu mengambil keuntungan dari kesalahan Alex. Saya yakin kecelakaan itu bisa dihindari,” ujar Miller, dikutip dari Speedweek.com, Senin (2/9/2024).

Baca juga: Hasil MotoGP Aragon 2024, Marquez Juara, Bagnaia Kecelakaan

Marco Bezzecchi berpihak pada Bagnaia. Menurutnya, sudah jelas bagi siapa pun yang pernah mengendarai motor bahwa ketika melakukan kesalahan dan keluar dari garis balap, hampir keluar lintasan dan kemudian kembali lagi, maka dia harus mengecek siapa yang datang dari belakang.

Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024Dok. Gold and Goose / Crash.net Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024

"Kami memiliki banyak kesempatan untuk memeriksa hal seperti itu, ketika seseorang menyusul kami atau mendekat ke kami. Ketika Pecco menyalipnya, terlihat jelas bahwa sebelum dia berbelok ke kanan, mustahil bagi Alex untuk tidak melihatnya. Atau dia buta. Atau dia tidak ingin melihatnya," kata Bezzecchi.

"Tentu saja, ini adalah situasi orang lain yang hanya dapat Anda pahami sepenuhnya jika Anda menjadi bagian dari semuanya. Jadi saya tidak bisa sepenuhnya menempatkan diri saya pada posisi mereka," ujar Bezzecchi.

Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024Dok. Gold and Goose / Crash.net Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024

Fabio Quartararo juga lebih berpihak pada Bagnaia. Menurutnya, Alex yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut.

"Jika Anda keluar dari garis ideal seperti yang dilakukan Alex di tikungan 12, maka Anda harus tahu bahwa Anda tidak akan bisa kembali ke garis ideal dengan cepat. Pecco tetap berada di jalurnya. Bagi saya, Alex adalah penyebab kecelakaan itu," kata Quartararo.

Pebalap Ducati asal Spanyol Marc Marquez, pembalap KTM asal Spanyol Pedro Acosta, dan pebalap Ducati asal Spanyol Jorge Martin berlomba pada MotoGP Aragon Grand Prix di Sirkuit Motorland di Alcaniz, Spanyol, pada 1 September 2024. (Foto oleh JOSE JORDAN/AFP)AFP/JOSE JORDAN Pebalap Ducati asal Spanyol Marc Marquez, pembalap KTM asal Spanyol Pedro Acosta, dan pebalap Ducati asal Spanyol Jorge Martin berlomba pada MotoGP Aragon Grand Prix di Sirkuit Motorland di Alcaniz, Spanyol, pada 1 September 2024. (Foto oleh JOSE JORDAN/AFP)

Marc Marquez yang melihat video kecelakaan tersebut turut berkomentar sebelum dirinya naik podium dan merayakan kemenangannya.

"Dia (Alex) tidak melihat dia (Bagnaia). Adik saya tidak melihat dia. Mustahil. Dia tidak memperkirakan itu dari luar. Ketika Anda merebah seperti itu, sangat sulit untuk melihat pebalap lain dari luar," ujarnya.

FIM Stewards sudah memutuskan bahwa insiden antara Bagnaia dan Alex hanya insiden balap semata. Sehingga, tidak ada sanksi yang diberikan untuk keduanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau