Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Kasta Tertinggi Bus Tingkat PO Rosalia Indah Jakarta-Palur

Kompas.com - 02/09/2024, 08:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com – Rosalia Indah jadi salah satu perusahaan otobus (PO) yang kian terus eksis di era gempuran berbagai pemaian baru layanan bus AKAP.

Meski usianya sudah tidak lagi muda, PO yang berbasis di Palur, Jawa Tengah ini terus melakukan inovasi dengan memberikan pelayanan baru. Mulai dari rute anyar hingga melakukan pembaharuan sejumlah unit bus yang punya berbagai fasilitas modern mengikuti kebutuhan pasar.

Bahkan hingga saat ini Rosalia Indah masih memengang posisi sebagai PO dengan double decker atau bus tingkat terbanyak.

Bus ini menggunakan balutan bodi SR3 Legacy buatan Karoseri Laksana yang digendong oleh sasis premium dari Scania K410CB.

Baca juga: Kapan Roda Mobil Perlu Balancing?

Beda dari bus tingkat PO Rosalia Indah sebelumnya yang punya tiga kelas, pada bus ini hanya punya dua kelas saja. Adapun kedua pilihan kelas tersebut adalah First Class dengan model bangku sleeper di dek bawah. Bangku slepeer konfigurasi 1-1 ini ada di area depan, tepatnya di belakang ruang pengemudi.

Kemudian area belakang dek bawah hingga seluruh area di dek atas merupakan kursi kelas Super Top. Seluruh kursi penumpang kelas Super Top hadir dengan konfigurasi 2-1.

Tim redaksi Kompas.com berkesampatan menjajal bangku dari kelas Super Top yang ada di dek atas untuk menuju Palur, Jawa Tengah. Estimasi waktu tiba di Palur pada keterangan tiket pukul 17.30 WIB.

Bus Rosalia Indah Dek BawahKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Rosalia Indah Dek Bawah

Bus ini melayani trayek Jakarta–Solo–Madiun dengan titik keberangkatan dari Cileungsi, Bogor. Keberangkatan dilakukan pada Jumat, 30 Agustus 2024 angkatan pagi pukul 5.30 WIB.
30 menit sebelum jadwal keberangkatan, tim redaksi sudah tiba di pool Rosalia Indah Cileungsi untuk melakukan boarding cek dari tiket yang sudah dipesan online.

Petugas loket akan memberikan tiket cetak yang tercantum nomor bus, nomor kursi penumpang dan barcode untuk pemeriksaan data penumpang.

Bus baru masuk ke area pool pukul 05.24 WIB, lantas langsung melakukan pemeriksaan serta dibersihkan oleh petugas. Situasi di area pul  ruang tunggu terasa cukup luas dengan tempat duduk yang nyaman bagi penumpang untuk menunggu.

Begitu pukul 05.50 WIB, penumpang dipersilahkan masuk ke bus dan disambut oleh pramugari yang membantu menunjukkan arah tempat duduk sesuai tiket.

Bus Rosalia IndahKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Rosalia Indah

Saat masuk ke kabin bus, terdapat toilet dan anak tangga menuju dek atas. Adapun, kursi penumpang pada dek bawah dilengkapi dengan pintu sekat pemisah sehingga seakan punya ruangan privasi.

Setibanya di dek atas, langsung mencari kursi nomor 2C, ternyata letaknya ada di barisan kedua dari depan. Pada pukul 05.55 WIB bus langsung berangkat untuk menjemput beberapa penumpang di titik keberangkatan lain sesuai dengan rute.

Dengan konfigurasi tempat duduk 1-2 membuat kelas Super Top tampak lebih spesial lantaran menggunakan kursi ukuran jumbo. Maka dari itu penumpang bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan.

Tidak hanya itu, bisa juga rebahan lantaran dilengkapi dengan sandaran kaki dan reclining sehingga sudut kemiringan punggungnya bisa diatur.

Bus PO Rosalia IndahKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus PO Rosalia Indah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau