Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Kendaraan Listrik, Honda Gandeng Nissan dan Mitsubishi

Kompas.com - 03/08/2024, 19:12 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengembangkan kendaraan listrik dan teknologi terbaru di Jepang, Honda Motor Co., LTd, resmi menggandeng kerja sama dengan Mitsubishi Motors Corporation dan Nissan Motor Co., Ltd.

Ketiga perusahaan otomotif tersebut menandatangai note kesepahaman guna membahas kerangka kerja lebih lanjut teknologi elektrifikasi mobil berdasarkan perjanjian yang telah ditandatangani Honda dan Nissan pada 15 Maret 2024.

Honda dan Nissan berupaya mempercepat inisiatif dengan tujuan mencapai netralitas karbon dan menekan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Hyundai Jalin Kerja Sama Perluas Charging Station, Kejar 600 Titik

Untuk itu, keduanya berkolaborasi dalam berbagai bidang, seperti teknologi lingkungan, elektrifikasi, dan pengembangan perangkat lunak, juga berbagai diskusi dalam lingkup yang lebih luas.

Kerja sama Honda, Nissan, dan MitsubishiHPM Kerja sama Honda, Nissan, dan Mitsubishi

Toshihiro Mibe, President and Representative Executive Officer Honda mengatakan, industri otomotif berada dalam periode transformasi yang dikatakan hanya terjadi satu kali dalam satu abad.

"Kami berharap kombinasi teknologi dan pengetahuan yang dikembangkan oleh Honda dan Nissan, serta kekuatan dan pengalaman Mitsubishi Motors, akan memungkinkan untuk bergerak lebih cepat menyelesaikan berbagai persoalan terkait elektrifikasi dan intelijen dalam skala global, dan membantu memimpin reformasi masyarakat sebagai yang terdepan," ucap Mibe, dalam keterangan resmi

Keikutsertaan Mitsubishi Motors tidak hanya akan menambah pengetahuan dan kekuatan baru, namun turut memberikan sinergi serta peluang bisnis baru ketiganya.

Makoto Uchida, President and CEO Nissan mengatakan, pihaknya menyambut anggota baru dalam kemitraan strategis antara Honda dan Nissan.

"Mitsubishi Motors memiliki teknologi dan keahlian unik dan telah berkolaborasi dengan Nissan sebagai mitra," kata Uchida.

Baca juga: Alasan Singkat Industri Kendaraan Listrik China Kuat

Diharapkan kolaborasi ketiganya akan berkembang menjadi sesuatu yang menciptakan nilai lebih besar, dan untuk menghadirkan produk dan layanan unik dari setiap perusahaan yang memenuhi beragam kebutuhan pelanggan yang berkelanjutan.

Kerja sama Honda, Nissan, dan MitsubishiHPM Kerja sama Honda, Nissan, dan Mitsubishi

Sementara itu, Takao Kato, Representative Executive Officer, President and CEO, Mitsubishi Motors mengatakan, diskusi Honda dan Nissan mengenai kemitraan ini telah mengalami kemajuan, dan pihaknya telah memutuskan untuk berpartisipasi

"Kolaborasi dengan mitra sangat penting dalam industri otomotif saat ini, yang sedang mengalami perubahan pesat akibat inovasi teknologi seperti elektrifikasi dan kecerdasan," ucap Kato.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau