Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Terbakar di Jalan Tol Layang MBZ, Begini Cara Mengamankan Diri

Kompas.com - 20/07/2024, 21:13 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu unit Nissan X-Trail tampak hangus terbakar dalam video yang tersebar di aplikasi pesan singkat WhatsApp belum lama ini. Ternyata kejadiannya baru saja terjadi, di Jalan Tol Layang MBZ dari Jakarta ke Cikampek, Sabtu (20/7/2024) Siang.

Corporate Secretary PT Jasa Marga (Persero) Tbk Nixon Sitorus menjelaskan kronologi mobil terbakar di Jalan Tol Layang MBZ tersebut.

Menurut keterangan pengemudi, terlihat kepulan asap yang muncul dari kap mobil saat melintas di Km 37.500 A. Pengemudi memuturkan menepi, tapi apai terus menyebar sampai menghanguskan seluruh mobil.

Baca juga: Begini Cara Pakai APAR yang Benar Saat Mobil Terbakar

Alat pemadam api ringan (APAR) khusus mobil produksi Servvo dipamerkan di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Alat pemadam api ringan (APAR) khusus mobil produksi Servvo dipamerkan di GIIAS 2023

Laporannya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Petugas gabungan dari pemadam kebakaran dan Jasamarga langsung menangani masalah tersebut.

"Kendaraan diboyong ke kantor di Km 48 A," ucap Nixon dalam keterangan tertulis.

Menanggapi kasus mobil yang terbakar dan lokasinya di jalan layang, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengamankan diri. Paling penting bukan mobilnya, tapi keselamatan diri sendiri yang utama.

Baca juga: T-OPT, Opsi Suku Cadang Resmi Toyota dengan Harga Lebih Ekonomis

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, Jalan Tol MBZ memang tidak ada pintu keluar di tengah-tengah. Jika mobil terbakar akan sulit untuk dapat pertolongan.

"Keamanan penumpang harus diutamakan, hilangkan panik dan segera tepukan kendaraan ke tempat yang aman dan tidak mengganggu, yakni bahu jalan," kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (20/7/2024).

Setelah menepi, segera keluar dan jauhi kendaraan. Pastikan jalan menjauh melawan arah angin, supaya tidak menghirup asap.

"Berikutnya bikin batas safety zone agar orang-orang menjauh. Kalau memungkinkan, minta tolong kendaraan lain yang memiliki APAR," kata Sony.

Paling benar buat cegah mobil hangus terbakar adalah menyiapkan APAR di kabin. Taruh APAR di tempat yang mudah diraih, contoh di bawah bangku penumpang depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau