Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Bawa SIM Digital Tetap Bisa Kena Tilang

Kompas.com - 16/09/2024, 08:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang berisi informasi penting mulai dari identitas pemilik, hingga masa berlakunya.

Namun, kini muncul SIM digital yang dapat diakses melalui aplikasi Digital Korlantas, terutama saat pengemudi melakukan perpanjangan secara online.

Meskipun SIM digital dapat menampilkan data SIM secara praktis, perannya hanya sebagai ilustrasi atau pendamping, bukan pengganti SIM fisik yang sah. Pengemudi tetap bisa dikenakan tilang jika hanya menunjukkan SIM digital saat pemeriksaan di jalan.

Baca juga: Pengendara Wanita Ragu Saat Berkendara, Ingat Tengok Kiri-Kanan-Kiri

Satlantas Polresta Surakarta Aiptu Timbul Miftahul Ulum mengatakan, petugas tetap akan menilang pengemudi yang hanya membawa SIM digital.

SIM A dan SIM CKOMPAS.com/GILANG SATRIA SIM A dan SIM C

“Kalau ada pemeriksaan di jalan sebenarnya SIM digital itu tidak berlaku, tetap SIM fisik yang berlaku,” kata Timbul kepada Kompas.com, belum lama ini.

Timbul juga menjelaskan, SIM digital pada aplikasi Digital Korlantas Polri itu hanya ilustrasi dari bentuk SIM fisik.

“(SIM digital di aplikasi) itu bukan SIM, tapi masih dalam proses. Jadi aplikasi itu untuk proses perpanjangan SIM, bukan hasil akhir untuk bukti SIM,” katanya.

SIM digital pada aplikasi Digital Korlantas ini akan muncul ketika melakukan perpanjangan SIM secara online, dan itu hanya sebuah ilustrasi bentuk SIM fisik yang akan diterima pemohon nantinya.

Baca juga: Masih Banyak Pengendara Motor Langgar Marka Serong, Apa Maksudnya?

Pemohon perpanjangan SIM online tetap harus mengambil SIM fisik apabila proses perpanjangan SIM secara online sudah selesai.

Sementara, sesuai dengan Pasal 77 ayat (1) UU Nomor 22 Tahun 2009 yang mengatur bahwa setiap pengemudi bermotor wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan.

Disebutkan, setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM. Jika tak dapat menunjukkannya saat razia, dipidana dengan kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Diperkuat juga dengan Pasal 106 ayat 5 yang menjelaskan setiap pengendara wajib menunjukkan beberapa dokumen berikut saat ada pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan:

  • STNK atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor
  • SIM
  • Bukti lulus uji berkala
  • Tanda bukti lain yang sah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau