Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Resmi Jadi Anggota Gaikindo

Kompas.com - 21/06/2024, 16:38 WIB
Azwar Ferdian,
Ruly Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD Motor Indonesia menyatakan diri sudah resmi menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, menyatakan, bahwa pihaknya sudah siap menjadi salah satu pemain di industri otomotif Indonesia, sekaligus mengikuti semua regulasi yang sudah ditetapkan.

"Saya umumkan bahwa BYD per hari ini resmi menjadi anggota Gaikindo. Ini menjadi salah satu rencana besar kami untuk menjadi bagian dari industri otomotif nasional," jelas Eagle Zhao, kepada wartawan, Jumat (21/6/2024).

Eagle melanjutkan, rencana besar BYD yang dimaksud adalah terkait dengan investasi di Indonesia, perluasan jaringan penjualan, serta rantai pasok dengan merangkul industri komponen dalam negeri.

Baca juga: Mercedes-Benz Bawa Merek Smart ke GIIAS 2024

Dalam kesempatan terpisah, Sekertaris Jenderal Gaikindo Kukuh Kumara, membenarkan bahwa BYD Motor Indonesia memang sudah resmi menjadi anggota Gaikindo.

BYD Seal Performance AWD mejeng di IIMS 2024, harganya Rp 719 juta dan punya daya jelajah 580 kilometerKompas.com/Daafa Alhaqqy BYD Seal Performance AWD mejeng di IIMS 2024, harganya Rp 719 juta dan punya daya jelajah 580 kilometer

Untuk selanjutnya, BYD diharapkan bisa mengikuti regulasi yang sudah ada, termasuk memberikan data penjualan.

"BYD sudah menjadi anggota Gaikindo. Sebenarnya sama seperti yang lain, tidak ada syarat khusus untuk menjadi anggota Gaikindo, tapi tentu diharapkan ada kontribusi besar dari BYD untuk Indonesia," jelas Kukuh kepada Kompas.com.

Mulai bulan depan, Kukuh melanjutkan, BYD sudah harus menyetor data penjualannya kepada Gaikindo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com