Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dijual, Aion Y Plus Dikirim mulai Juli 2024

Kompas.com - 20/06/2024, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - GAC Aion Indonesia resmi meluncurkan produk perdananya untuk pasar dalam negeri, Aion Y Plus, pada Rabu (19/6/2024) malam.

Menjadi model pembuka dalam melancarkan penetrasinya ke pasar terbesar di Asia Tenggara (ASEAN), mobil dijual dengan harga kompetitif yaitu mulai dari Rp 415 juta on the road (OTR) Jakarta.

Berada di bawah bendera Indomobil Group, perusahaan berkomitmen bisa menjawab berbagai kebutuhan kendaraan ramah lingkungan nasional yang sangat kompleks.

Baca juga: Aion Y Plus Resmi Hadir di Indonesia, Harga mulai Rp 415 Juta

Aion Y Plus resmi jadi produk pembuka GAC Aion Indonesia, yang menandakan komitmennya untuk menggarap pasar nasional. Kompas.com/Adityo Aion Y Plus resmi jadi produk pembuka GAC Aion Indonesia, yang menandakan komitmennya untuk menggarap pasar nasional.

Maka, selain peluncuran produk, GAC Aion Indonesia bertekad untuk segera mungkin dapat melakukan pengirikan kepada para peminat dan pemesan Aion Y Plus. Targetnya dimulai pada Juli-Agustus 2024.

"Mobil sudah bisa dipesan dan promise delivery kami adalah Juli-Agustus 2024 ini," ucap CEO GAC Aion Indonesia, Andry Ciu, saat seremoni peluncurannya.

Percepatan tersebut dapat memungkinkan karena pada tahap awal, semua produk Aion Y Plus akan dipasok langsung dari prinsipal di Guangzhou, China. Setelahnya di pengujung tahun, barulah mobil akan dirakit lokal.

Meski demikian, Andry berjanji perubahan skema dimaksud tak akan berdampak pada harga jual mobil. Sehingga, konsumen tidak perlu menunda pembelian dengan alasan menanti penurunan banderol.

"Segera mungkin pada kuartal IV-2024 ini fasilitas manufaktur sudah ada untuk dapat memasok Aion Y Plus di dalam negeri. Lokasi sudah ada, sekarang sedang disiapkan dengan cepat," kata Andry.

Baca juga: Toyota Tidak Menutup Kemungkinan Hadirkan Bus Listrik di Indonesia

GAC Aion Y PlusKOMPAS.com/Ruly Kurniawan GAC Aion Y Plus

"Tidak akan ada perubahan harga, kecuali ada penyesuaian tertentu (terkait pajak daerah)," lanjut dia.

Diketahui, Aion Y Plus hadir dalam dua tipe yang dibedakan berdasarkan kapasitas baterai dan jarak tempuhnya. Varian terendah, yaitu Excluve, dengan kemampuan jangkauan 410 kilometer dihargai Rp 415 juta.

Sementara tipe Premium dengan jarak tempuh 490 kilometer dijual GAC Aion Indonesia dengan banderol Rp 475 juta.

Pada lembar spesifikasinya, Aion Y Plus dibekali motor listrik penggerak berkekuatan 201 dk yang juga menghasilkan torsi sebesar 225 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com