Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indomobil Group Mau Bawa Banyak Mobil Listrik ke RI

Kompas.com - 26/06/2024, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indomobil Sukses International Tbk (IMAS) akan memperluas portofolio-nya di pasar kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) untuk pasar dalam negeri.

Dikatakan Direktur Utama Indomobil Group Jusak Kertowidjojo, langkah tersebut sejalan dengan tren industri otomotif dunia yang mengarah pada EV sebagai moda transportasi ramah lingkungan.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memanfaatkan setiap peluang dan momentum supaya selalu relefan dengan perkembangan dunia terutama pasar nasional.

Baca juga: Ubah Land Rover Defender Tampil Lebih Tangguh Tapi Tetap Manis

GAC Aion Y PlusKOMPAS.com/Ruly Kurniawan GAC Aion Y Plus

"Kita adalah perusahaan yang melakukan penjualan di otomotif, sehingga mau tidak mau kita harus masuk ke sana (EV)," katanya dikutip Selasa (25/6/2024).

Jusak mengakui bahwa saat ini China miliki volume mobil listrik terbesar dunia. Perkembangan industri otomotifnya pun sudah bergerak ke ramah lingkungan sehingga lebih maju dibandingkan merek Eropa.

Maka, hanya dalam waktu singkat perusahaan membuat banyak kerja sama dengan perusahaan otomotif China untuk memasarkan produknya seraya membentuk dan mempercepat ekosistem EV nasional.

Setelah GAC Aion, kini Indomobil Group resmi menjalin kemitraan bersama SAIC-Maxus Automotive Co., Ltd yang ditandatangani pada 20 Juni 2024.

Baca juga: Indomobil Group Resmi Ditunjuk Jadi Distributor Maxus

Penandatanganan kerja sama distribusi merek Maxus antara Indomobil Group dengan SAIC-Maxusdok.IndomobilGroup Penandatanganan kerja sama distribusi merek Maxus antara Indomobil Group dengan SAIC-Maxus

Sebelumnya, Jusak mengakui bahwa pihaknya sedang gencar menghadirkan EV di Indonesia. Namun, dirinya belum bisa memaparkan lebih jauh seperti berapa banyak produsen yang hendak digaet Indomobil Group dan siapa saja.

"Saya hanya boleh bicara, kalau kami banyak model-model baru," kata dia saat ditemui di tengah-tengah seremoni peluncuran Aion Y Plus di Jakarta, Rabu (19/6/2024) lalu.

"(Merek lain) tunggu saja tanggal mainnya. Kami sudah milai dari (Citroen) E-C3 dan dari sana ada beberapa rencana yang sedang dikerjakan (untuk Stellantis Group maupun merek lain)," lanjut Jusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau