Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Honda BeAT Menghilangkan Kick Starter

Kompas.com - 05/06/2024, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda BeAT selain dapat tambahan fitur, ada juga bagian yang dikurangi, yakni kick starter. Jadi dari empat model yang dipasarkan, cuma varian CBS atau yang paling murah saja yang masih ada kick starter di sisi kiri motor.

Sedangkan buat seri Deluxe, Street, dan Deluxe Smart Key tidak lagi memakai kick starter. Hilangnya engkol di Honda BeAT tentu ada alasanya.

Takuro Nakamura, Large Project Leader All New Honda BeAT, menjelaskan, Honda melakukan survey mengenai kick starter, apakah sekarang masih dibutuhkan atau tidak di zaman sekarang.

Baca juga: Daftar Aksesori Resmi All New Honda BeAT Series, mulai Rp 59.000

Aksesori All New Honda BeATKOMPAS.com/ADITYO Aksesori All New Honda BeAT

"Kami lihat kebutuhan konsumen, ternyata ada yang pakai dan tidak. Kebanyakan sekarang enggak, lebih banyak yang merasa tidak perlu ada kick starter," kata Nakamura di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Nakamura bilang, seiring berjalannya waktu, konsumen yang menyalakan motor pakai engkol semakin berkurang. Makanya, arah pengembangan motor ke depan tidak lagi menyematkan kick starter.

Baca juga: Video Pengendara Motor Ditegur karena Spion Winglet, Ini Bahayanya


"Tapi bisa jadi untuk BeAT karena jadi skutik entry level, sampai akhir pun tetap akan ada pilihan dengan kick starter," kata Nakamura.

Hilangnya kick starter di Honda BeAT sebenarnya juga menghemat bobot sampai 1 Kg. Jadi ada penurunan berat keseluruhan yang diklaim bisa meningkatkan akselerasi sampai konsumsi BBM yang lebih hemat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com