Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Motor Honda yang Meluncur Awal Juni, Beat Model Baru?

Kompas.com - 31/05/2024, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan bakal meluncurkan produk baru pada awal Juni 2024. Hal ini terungkap dari undangan resmi yang dikirim ke redaksi Kompas.com belum lama ini.

Dugaan pun mengerucut pada Honda Beat, model terlaris yang belum mendapat perubahan masif sejak 2020. Dengan usia model yang sudah berjalan empat tahun, seharusnya mulai mendapatkan penyegaran.

Seperti diketahui, pertama kali meluncur pada 2008, Beat tercatat sudah mengalami perubahan model sebanyak lima kali.

Model pertama tentunya Beat karbu yang keluar tahun 2008-2012. Lahir untuk menyaingi Yamaha Mio, Beat pertama kali hadir dengan mesin 110 cc bertenaga 8,22 PS dan torsi 8,32 Nm.

Baca juga: Nasib Motor-motor Bekas MotoGP yang Tak Ikut Balap

Perjalanan Honda BeAT di Indonesia Perjalanan Honda BeAT di Indonesia

Kemudian generasi kedua Beat hadir pada rentang 2012-2014. Ketika itu, Beat sudah mengusung mesin injeksi (PGM-FI). Ukuran jok dan bagasi juga diperluas untuk menambah kenyamanan konsumen.

Generasi ketiga Beat lahir pada 2014 sampai 2016. Perbedaan mencolok terlihat pada penggunaan ACG Starter yang lebih halus.

Beat yang dikenal dengan sebutan eSP ini tersedia dalam varian CW, CBS, dan CBS ISS. Pada generasi ini, Honda juga mengenalkan model Beat Pop eSP.

Baca juga: Baterai Mobil Hybrid Mau Awet, Jangan Sering Buka Kaca Jendela

Menariknya, Beat generasi ketiga mulai dikenalkan dengan teknologi modern untuk menghemat BBM. Salah satunya fitur ISS yang dapat mematikan mesin secara otomatis ketika berhenti, dan bisa menyala lagi hanya dengan memutar gas.

Lalu, Beat eSP mendapatkan penyegaran pada 2016. Secara umum, ubahan berfokus pada desain yang makin agresif dan penambahan ruang bagasi serta tangki bahan bakar. Tak ketinggalan mulai generasi ini Honda Beat Street turut diperkenalkan.

Pada 2020, Beat generasi kelima lahir. Motor ini diklaim makin lincah dan hemat BBM berkat penggunaan rangka eSAF.

Baca juga: Rekondisi Baterai Mobil Hybrid, mulai Rp 700.000

Honda BeAT Street eSP 2019 Honda BeAT Street eSP 2019

Dapur pacu juga mendapat penyempurnaan. Berdasarkan spek di atas kertas, kubikasi mencapai 109,5 cc dengan tenaga 9 PS dan torsi 9,3 Nm.

Untuk model terbarunya, diduga Beat bakal mendapatkan beberapa fitur keamanan terkini. Salah satunya adalah Smart Key yang sudah jamak pada model-model Honda lainnya.

Fitur ini bakal meningkatkan keamanan Beat waktu ditinggal di tempat parkir. Dan pastinya lebih aman dari tindak pencurian dibandingkan model lama.

Baca juga: Indomobil Berencana Jual Mobil Hybrid Asal China

Honda Beat KOMPAS.com/Gilang Honda Beat

Ketika disinggung mengenai peluncuran Beat model baru, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi, mengatakan, belum dapat mengungkap calon motor baru Honda.

"Kami selalu ikuti perkembangan market dan konsumen. Makanya butuh masukan juga,” ucap Octavianus di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Smart key sudah mulai diterima. Nanti kami pertimbangkan, mengikuti kebutuhan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com