Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Sopir Bus dan Truk Dilarang Injak Pedal Rem Saat Jalan Menurun?

Kompas.com - 23/06/2024, 11:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Belakangan ini banyak terjadi kasus kecelakaan melibatkan bus dan truk. Sebagian besar pemicunya adalah rem blong.

Pemakaian rem utama secara terus menerus, berulang dan lama akan membuat komponen mengalami overheat sehingga beberapa malfungsi rem akan terjadi.

Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan hampir semua peristiwa rem blong terjadi di jalan menurun.

Baca juga: Kualitas Minyak Rem Motor Matik yang Buruk Bisa Picu Rem Blong


“Hal ini tak lepas dari minimnya pengetahuan, maka dari itu setiap sopir bus dan truk harus dibekali dengan teknik mengemudi saat melewati jalan menurun, tak cukup hanya mengandalkan autodidak,” ucap Wildan kepada Kompas.com, Kamis (20/6/2024).

Wildan mengatakan, setiap perusahaan yang memiliki kendaraan niaga untuk transportasi harus memberikan pengetahuan ini dan mengontrolnya.

“Sepele, seperti ketika akan melewati jalan menurun, pengemudi harus menggunakan gigi rendah, dan tidak boleh menginjak pedal rem, tapi laju kendaraan harus diperlambat dengan exhaust brake,” ucap Wildan.

Baca juga: Rem Blong Bisa Terjadi Kapan Saja, Bahkan Tanpa Gejala Sebelumnya

Truk skidtank elpigi mengalami rem blong hingga terjadi kecelakaan beruntun di Kabupaten Jember pada Sabtu (4/5/2024)Kompas.com/Dokumentasi Polsek Silo Truk skidtank elpigi mengalami rem blong hingga terjadi kecelakaan beruntun di Kabupaten Jember pada Sabtu (4/5/2024)

Wildan mengatakan penggunaan rem utama secara berulang dan panjang dapat menyebabkan fungsi rem menurun sehingga pengemudi harus mengatur waktu penggunaanya.

“Jika tidak perlu, pedal rem tidak usah diinjak, perlambatan kendaraan bisa diwakilkan dengan engine brake yakni menggunakan gigi rendah dan mengaktifkan exhaust brake,” ucap Wildan.

Jadi, sopir bus dan truk dilarang menginjak pedal rem saat melewati jalan menurun bukan tanpa tujuan melainkan agar rem utama tidak terbebani terlalu besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com