Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Lagi Honda Forza Model Year 2021

Kompas.com - 20/06/2024, 16:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda Forza merupakan motor berkapasitas 250 cc yang didatangkan utuh dari Thailand. Skutik yang pertama kali meluncur di Indonesia pada 2018 ini, mendapatkan sejumlah pembaruan pada 2021.

Forza Model Year 2021 punya tampilan fascia yang sedikit berbeda dibandingkan model lama. Desain pelindung windshield dan spion jadi lebih lancip, membuat kesan yang lebih sporty.

Tampilan bodi secara umum tidak berubah, Forza tetap mengusung desain dengan lekuk tajam dan lampu depan yang besar mirip PCX 160. Paling perbedaan dari tipe sebelumnya terlihat dari cover knalpot.

Baca juga: Kecelakaan Porsche di Bahu Jalan Tol, Ingat Lagi Aturannya

Honda Forza Model Year 2021KOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda Forza Model Year 2021

Sementara dari sisi fitur, Forza Model Year 2021 mendapat fitur baru, yaitu Emergency Stop Signal (ESS).

Fitur ini bakal berguna saat motor melakukan deselerasi mendadak. Misalnya saat melaju 80 Kpj, tiba-tiba berhenti mendadak.

Maka ECU akan mendeteksi kecepatan motor turun drastis. Dan setelahnya bakal diikuti dengan kedip lampu sein, dengan tujuan memberi peringatan ke pengendara belakang agar lebih waspada.

Baca juga: Intip Kabin Bus Baru PO Haryanto, Ada Sekatnya

Beranjak ke panel spidometer Forza Model Year 2021, yang memiliki perbedaan dari warna latar yang lebih gelap, dengan bulatan berwarna perunggu.

Informasinya terbilang lengkap mulai penunjuk kecepatan, takometer, dan di tengahnya terdapat layar digital dengan negative display backlight.

Layar digital ini cukup mudah terlihat pada siang dan malam hari. Isinya ada jam, penunjuk bahan bakar, suhu mesin, trip meter, dan elapsed time.

Baca juga: Generasi Baru Suzuki Swift Tertangkap Kamera di Jalan Indonesia

Spidometer Honda Forza Model Year 2021KOMPAS.com/ADITYO WISNU Spidometer Honda Forza Model Year 2021

Di bawahnya, terdapat informasi odometer, range, konsumsi BBM, penunjuk suhu udara, voltase aki, serta beberapa indikator, seperti aki, kontrol traksi, ABS, kunci motor, overheat dan level oli, serta pass beam.

Menariknya, layar digital tersebut dapat terkoneksi dengan tombol Info A dan Info B di saklar sebelah kiri.

Selain itu, saklar di sebelah kiri ini juga punya banyak tombol, misalnya sein, klakson, lampu jauh, lampu dekat, pass beam, tombol mengaktifkan Honda Selectable Torque Control, dan tombol menaik-turunkan windshield.

Baca juga: NMAX Turbo Pakai CVT Elektronik, Bagaimana Perawatan dan Usia Pakainya?

Honda Forza Model Year 2021KOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda Forza Model Year 2021

Bicara soal kepraktisan, laci di sebelah kiri dapat menampung botol air minum dan telepon genggam. Terdapat pula soket charger Tipe C, dari sebelumnya model lighter.

Dan bagusnya lagi, laci sebelah kiri ini terintegrasi dengan kunci setang. Jadi ketika kunci dalam keadaan terbuka, laci juga dapat dibuka. Adapun dalam keadaan setang terkunci, laci otomatis tidak bisa dibuka.

Perihal akomodasi, Forza Model Year 2021 terbilang cukup baik. Selain laci, masih ada bagasi seluas 48 liter yang sangat lega. Bagasinya bisa menampung dua buah helm full face dengan beberapa barang tambahan.

Baca juga: Video Pengendara Sepeda Motor Lawan Arah Melintas di Tol MBZ

Honda Forza Model year 2021KOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda Forza Model year 2021

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com