Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Motor Baru Honda CB1000, Jadi Generasi Terakhir

Kompas.com - 02/03/2024, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Young-Machine, laman otomotif di Jepang belum lama ini membocorkan kalau akan ada motor baru Honda dengan nama CB1000. Kabarnya, motor tersebut khusus dijual buat pasar Jepang, mengambil basis dari CB1000 Hornet.

Dikutip dari laman Young-Machine, motor baru Honda itu kabarnya akan diumumkan jadi model 2026. Kabarnya, CB1000 akan jadi special model, melanjutkan Hawk 11 yang memang hanya ada di Jepang, rilis 2022 lalu.

Hawk 11 merupakan produk Honda untuk memperkenalkan Architecture Series Project (ASP). Jadi proyek tersebut membuat kendaraan yang terbatas dan cuma dijual di negara tertentu, memakai basis mesin dan rangka yang sudah ada.

Baca juga: Rencana Honda Produksi Kendaraan Elektrifikasi Dalam Negeri

Honda CB1000 HornetDok. Paultan Honda CB1000 Hornet

Kalau memang akan dijual terbatas, maka CB1000 tentu tidak akan sebanyak itu dibuat. Tapi nantinya akan dibuat motor yang spesial, sesuai dengan kesukaan pengendara motor di Jepang.

Berarti, CB1000 ini nantinya secara implisit menggantikan CB1300. Motor besar itu memang ada kendala buat lolos uji emisi di masa depan, apa lagi unya bobot yang berat, banyak pengendara yang kurang berminat.

Makanya, kalau CB1000 ini jadi suksesor CB1300, pakai basis CB1000 Hornet, maka bukan cuma regulasi yang lolos, tapi juga rasa berkendara yang lebih mudah karena ringan.

Baca juga: Toyota Bikin Mesin yang Bisa Menyaring Emisi Karbon


Soal teknologi, kemungkinan CB1000 juga kedapatan E-Clutch baru Honda. Apalagi sistem kopling otomatis itu rencananya mau diadaptasi ke model lainnya.

Kemungkinan CB1000 akan diperkenalkan saat musim gugur 2025. Motor ini cocok kalau memang Honda mau melanjutkan legacy model CB yang gayanya klasik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com