Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Nissan Juke Tidak Kuat Nanjak di Jalur Klemuk Kota Batu

Kompas.com - 23/06/2024, 17:22 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Mengemudi melewati jalan menanjak masih menjadi momok menakutkan, apalagi jika pengemudi kurang handal dan mengakibatkan mobil gagal nanjak.

Seperti unggahan Instagram @malangraya.info, Minggu (23/6/2024), terlihat Nissan Juke warna hitam tidak kuat nanjak di wilayah Jalur Klemuk Kota Batu, arah Paralayang.

Dalam video, terlihat Nissan Juke di pinggir jalan akibat tidak kuat nanjak dan hampir terperosok ke jurang.

Baca juga: Mengenal Teknik Counter Steering pada Sepeda Motor

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MALANG RAYA INFO (@malangraya.info)

 

Kejadian, mobil tidak kuat naik saat melewati tanjakan seringkali terulang, hal ini bisa menjadi pembelajaran untuk lebih melatih skill dan pengetahuan mereka, baik itu transmisi manual atau matik.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, cara pertama mobil manual agar berhasil melewati tanjakan adalah dengan memperhatikan momentum.

“Pastikan memiliki momen yang cukup agar awalan mobil menanjak bertenaga. Ambil ancang-ancang gas dan pertahankan rpm sesuai derajat kemiringan," kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, pengemudi harus menjaga jarak aman sehingga tidak terlalu dekat atau mepet dengan kendaraan lain, dan ketika berhenti di tanjakan langsung tarik parking brake dan injak kopling.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Pajero Sport, Ini Pentingnya RUP Bumper Belakang Truk

“Kemudian saat mulai jalan, injak pedal gas dibarengi mengangkat kopling, saat mobil terasa bergerak namun tertahan, lepas parking brake,” kata Sony.

Sementara untuk mobil matik, Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo mengatakan, jangan gunakan posisi D.

“Pada posisi D matik akan memindahkan gigi secara otomatis berdasarkan putaran mesin, sehingga mesin kehilangan moment dan berpotensi tidak kuat nanjak,” kata Iwan.

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix HybridKOMPAS.com Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid

Iwan menjelaskan, pilih gigi 1,2 atau L tergantung fitur di mobil, atau gunakan fitur triptonik sehingga pengoperasian gigi seperti transmisi manual.

“Tidak perlu menginjak rem saat memindahkan gigi dari D ke 1 atau 2 atau L, karena mesin akan kehilangan momentum dan mobil bisa mundur karena gak kuat nanjak,” kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com