Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Servis Wuling Air ev di Bengkel Spesialis, mulai Rp 2,5 Juta

Kompas.com - 31/05/2024, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik memang disebut minim perawatan. Tapi ternyata, merawat baterai bisa membantu memperpanjang usia pakainya.

Salah satu mobil listrik yang jamak ditemui di jalan saat ini adalah Wuling Air ev. Kendaraan dengan dimensi ringkas tersebut cukup diminati karena harganya yang mulai Rp 190 jutaan dan bikin bebas ganjil genap.

Saat ini, sudah ada bengkel spesialis mobil listrik dan hybrid di Indonesia, yaitu Domo Hybrid EV. Buat Air ev, ada beberapa paket yang bisa dipilih pemiliknya.

Baca juga: Akibat Main HP, Wuling Air ev Jadi Korban Tabrak Belakang

Deretan mobil listrik mungil Wuling Air EV di BaliBaliqu Car Rental Deretan mobil listrik mungil Wuling Air EV di Bali

Thayne Lika atau akrab disapa Lung Lung, CEO Dokter Mobil Indonesia mengatakan, kebanyaka pemilik Air ev melakukan servis baterai di tempatnya.

"Servis baterai itu dilepas baterainya, kita bersihkan, semua konektor dibersihkan, terus kita pasang lagi," kata Lung Lung di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Selain baterai, komponen AC dan coolant juga diganti sekalian. AC punya peranan penting di mobil listrik, kabin yang dingin bisa bantu baterai tidak cepat panas, usia pakai bisa lebih panjang.

Baca juga: Bersolek, Eksterior Rush GR Sport Minim Sentuhan Baru

"Oli kompresor khusus, freon harus yang non konduktif (tidak menghantarkan listrik)," kata Lung Lung. 

Buat coolant juga pakai cairan yang khusus, berbeda dengan mobil konvensional. Bahkan dibilang jangan pakai yang sembarangan, malah bisa bikin mobil listrik rusak.

"Biaya mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta, full servis dari baterai, AC, coolant kita ganti semua. Sekalian detailing dalamnya, karena itu penting banget," kata Lung Lung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com