Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Air ev dan BinguoEV Pimpin Segmen Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 04/05/2024, 09:45 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia, semakin ketat dengan banyaknya pabrikan yang menjual mobil listrik. Di tengah persaingan pasar yang kompetitif, dua model Wuling masih memimpin, yakni Air ev dan BinguoEV.

Berdasarkan data GAIKINDO, lini kendaraaan listrik Wuling berhasil mempertahankan posisi teratas pasar EV di Indonesia. BinguoEV bahkan menjadi mobil listrik paling laku di Indonesia dengan penjualan pada Januari sebanyak 1.876 unit, lalu 428 unit di bulan Februari, dan 817 unit pada Maret, sehingga membukukan total 3.121 unit yang terjual. Sementara itu, Air ev yang terjual hanya enam unit pada Januari, meningkat secara signifikan dengan 451 unit pada Februari, dan Maret 229 unit, sehingga mencapai total 686 unit.

Total penjualan Wuling Air ev dan BinguoEV dalam partai besar selama 3 bulan awal 2024 mencapai 3.807 unit, dengan bagian 64,4 persen dari total penjualan mobil listrik di pasaran.

Salah satu penawaran yang diberikan, yaitu lifetime warranty alias garansi seumur hidup untuk komponen utama kendaraan listrik pada setiap produk EV Wuling.

Baca juga: Penyebab Tuas Transmisi Mobil Matik Macet, Cek Bagian Ini

BinguoEV di IIMS 2024Wuling Motors BinguoEV di IIMS 2024

Garansi seumur hidup ini meliputi 3 komponen yakni drive motor, motor controller unit, serta power battery.

Dian Asmahani, Sales & Marketing Director Wuling Motors mengatakan Lifetime Core EV Component Warranty merupakan perpanjangan dan perluasan masa garansi dari sebelumnya 8 tahun atau 120.000 kilometer.

“Adapun garansi ini dihadirkan untuk memberikan worry free kepada konsumen sepanjang kepemilikannya. Garansi ini mencakup core component EV yang terdiri dari battery power, drive motor dan motor controller unit,” ucap Dian belum lama ini di Jakarta belum lama ini.

Wuling juga didukung 150 diler yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga dapat lebih dekat dalam melayani konsumen. Jaringan tersebut pun siap melayani konsumen kendaraan listrik Wuling baik dari sisi penjualan maupun purna jual.

Selain itu, Air ev dan BinguoEV diproduksi di Indonesia dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) melebihi 40 persen, sehingga keduanya mendapatkan insentif PPN dari pemerintah untuk memangkas harga jualnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com