Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Kalisari Rilis Bus Baru Pakai Mesin Depan, Buatan Laksana

Kompas.com - 28/05/2024, 11:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Otobus (PO) Kalisari Citra Jaya kembali menambah bus baru dengan model mesin depan atau front engine.

Beberapa hari yang lalu PO asal Surabaya ini juga meluncurkan bus baru, hanya saja buatan karoseri yang berbeda. Bila sebelumnya menggunakan rakitan Karoseri Tentrem kali ini menggunakan bodi dari Karoseri Laksana

Pada bus baru ini menggunakan balutan bodi Discovery SR3, yakni bodi bus yang dirancang oleh Karoseri Laksana untuk sasis bus model mesin depan. Oleh karena itu bodi ini dikombinasikan dengan Mercedes-Benz OF 1623 Air Suspension yang punya kekuatan font engine. 

Baca juga: Pandangan Pakar Safety Soal Peluncuran SIM C1 untuk Motor 250cc-500cc

Secara visual, bus ini tampil gahar dan sporty dengan ciri khas bodi Dicovery SR3, yakni area gril depan hadir dengan bentuk honeycomb. Bodi bus ini punya bagasi yang cukup luas dan tinggi dengan tiga buah pintu. 

Tidak ketinggalan tampilan eksterior masih menggunakan DNA dari PO Kalisari, yakni menggunakan kelir dasar putih dan aksen pola berbentuk intan berwarna merah dan oranye pada bodi samping.

Bus baru PO KalisariInstagram @Laksanabus Bus baru PO Kalisari

Baca juga: Analisa SUV Listrik Baru Neta di Indonesia, Meluncur Juli?

Pada bagian kabin, bagian bangku penumpang disusun dua kanan dan dua kiri (2-2) serta sudah dilengkapi dengan seat belt. Bus ini juga dilengkapi center TV dan pintu darurat. 

Hanya saja belum disebutkan bus ini nantinya akan digunakan sebagai layanan apa. PO Kalisari sendiri merupakan salah satu transportasi umum legendaris di Indonesia. Perusahaan yang sudah ada sejak era 60an ini punya layanan bus AKAP, AKDP dan juga pariwisata.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com