Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Range Rover Bakal Dirakit di India

Kompas.com - 27/05/2024, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

MUMBAI, KOMPAS.com - Jaguar-Land Rover (JLR) mengumumkan bakal memproduksi Range Rover dan Range Rover Sport di India. Dua model andalan JLR tersebut ke depan akan dirakit  di pabrik Pune, India.

Sebelumnya Range Rover diproduksi secara eksklusif di Pabrik Solihull di Inggris, yang dikenal sebagai “rumah global Range Rover.” 

Ini pertama kalinya Range Rover diproduksi di luar Inggris dan sengaja dirakit di India sebab permintaan Range Rover yang terus meningkat. Tahun ini saja diperkirakan permintaan Range Rover naik 160 persen di India.

Baca juga: BMW R20 Concept, Roadster Baru dengan Mesin Boxer

Range Rover BoutiqueRange Rover Range Rover Boutique

Adapun pabrik di Pune, terletak di dekat ibu kota Mumbai, dimiliki oleh perusahaan induk JLR, Tata Motors.

Sejak 2011, pabrik Pune telah menjadi pusat produksi JLR lainnya yang dirancang untuk pasar India, dimulai dengan Land Rover Freelander, Jaguar F-Pace, hingga Land Rover Discovery Sport.

“India telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil dan luar biasa selama beberapa tahun terakhir, dan diperkirakan akan terus melanjutkan tren ini dalam waktu dekat,” ujar Lennard Hoornik, Chief Commercial Officer di JLR dilansir dari Carscoops, Senin (26/5/2024).

Baca juga: Hyundai Siapkan Mobil Baru dan Mulai Jual Kona Electric di GIIAS 2024

Range Rover PHEVKOMPAS.com/NANDA Range Rover PHEV

Meski Range Rover kini sudah dirakit di India, Hoornik mengatakan tidak ada perbedaan dengan buatan Inggris. Sebab yang diwariskan ialah teknologi dan citra merek Range Rover itu sendiri bukan dari mana dia berasal.

“Meskipun Range Rover kini akan menjadi ‘buatan India' untuk klien di pasar ini, desain khas Inggrisnya tetap khas dan akan terus mendefinisikan keanggunan estetika dan kecanggihan teknologi yang identik dengan Range Rover,” ujarnya,

Keputusan perakitan di India juga terkait dengan harga jual yang bakal turun. Sehingga pada akhirnya makin melebarkan pasar Range Rover di negara Hindustan tersebut.

Range Rover rakitan India diprediksi akan mengaspal paling lama pada Agustus 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com