Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kebiasaan Ini agar Mobil RWD Lebih Awet

Kompas.com - 26/05/2024, 13:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Mobil dengan sistem penggerak roda belakang atau RWD, banyak diburu lantaran dianggap cocok dengan kondisi jalan di Indonesia yang didominasi tanjakan.

Dengan posisi roda penggerak di bagian belakang kendaraan, membuatnya tertekan dengan lebih optimal ketika mobil miring saat menanjak.

 

Kondisi tersebut memberikan dampak traksi roda sistem RWD lebih baik dari penggerak roda depan (FWD).

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota-Mitsubishi Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan, mobil dengan sistem RWD seharusnya awet bila diperlakukan dengan baik dengan memperhatikan kapasitas muatan dan perawatan.

Baca juga: Tips Memilih Mobil, Sebaiknya yang Pakai Sistem FWD atau RWD?


“Mobil dengan muatan berlebihan dapat menyiksa komponen, khususnya pada mobil RWD, seperti yang diketahui mobil ini ditunjang dengan beberapa poros cukup panjang, seperti propeller shaft, dan drive shaft,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Sabtu (25/5/2024).

Muchlis mengatakan, gaya puntir pada mobil RWD dengan muatan berlebih bakal sangat tinggi, sehingga poros-poros penggerak menjadi terbebani dan berisiko patah.

“Gambarannya, ketika beban berat maka poros yang dekat dengan roda penggerak akan tertahan oleh beban. Sementara di ujung poros berdekatan dengan transmisi akan memuntir karena meneruskan daya putar mesin,” ucap Muchlis.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil RWD Diunggulkan di Tanjakan

Gardan L300 patah saat dipakai muatan penuh.Tangkapan layar Gardan L300 patah saat dipakai muatan penuh.

Meski tidak akan membuat poros patah secara langsung, komponen yang menerima gaya puntir cukup besar dan berulang-ulang cenderung lebih mudah patah.

"Kebanyakan sistem RWD disematkan pada mobil-mobil niaga, biasanya muatannya berlebih padahal ini kebiasaan tidak baik,” ucap Muchlis.

Muchlis menjelaskan, sistem RWD juga membutuhkan perawatan agar komponen menjadi lebih awet dan performanya tetap baik. 

Baca juga: Belajar dari Peristiwa Xenia RWD Gagal Nanjak di Tanjakan Spongebob

Mini Rubicon menggunakan gardan Daihatsu ZebraTangkapan layar Mini Rubicon menggunakan gardan Daihatsu Zebra

“Pada mobil RWD ada waktunya ganti oli gardan yang seharusnya dilakukan tiap 40.000 Km atau 2 tahun, tujuannya untuk memastikan komponen terlumasi dengan baik dan mencegah keausan,” ucap Muchlis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com