Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Mobil, Sebaiknya yang Pakai Sistem FWD atau RWD?

Kompas.com - 19/04/2024, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil modern banyak dibekali sistem penggerak roda depan (FWD) demi efisiensi. Namun, sebagian masyarakat meragukan kemampuannya saat menanjak karena lebih mudah selip.

Sistem penggerak roda belakang (RWD) dianggap lebih baik dalam melibas tanjakan karena tumpuan beban mobil ada pada roda penggeraknya.

Kendati demikian, mobil dengan sistem FWD memang memiliki banyak kelebihan. Sehingga, hal ini dapat membuat konsumen bingung dalam memilih mobil mengingat di pasaran juga masih banyak yang pakai sistem RWD.

Baca juga: Apa Benar Mobil FWD Lebih Mudah Melibas Tanjakan?

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix HybridKOMPAS.com Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan antara sistem FWD dan RWD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Saya merekomendasikan kepada konsumen untuk lebih memilih mobil RWD khusus mereka yang kerap melintas di jalan menanjak seperti di daerah Gunung Kidul dan sejenisnya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun, Hardi juga menyarankan kepada konsumen untuk memilih mobil FWD bagi mereka yang kerap melewati jalan datar atau landai karena itu akan lebih efisien.

Baca juga: Ajak Yaris Cross dan Zenix Hybrid ke Negeri di Atas Awan


“Mobil FWD memang memiliki konstruksi ringkas sehingga bobot kendaraan lebih ringan, serta gaya putar mesin langsung tersalurkan ke roda lewat drive shaft, jadi lebih cocok di jalan datar,” ucap Hardi.

Sedangkan konsumen yang kerap melintas jalan menanjak sebaiknya memilih mobil dengan sistem RWD guna mempermudah operasional serta mengurangi risiko gagal menanjak.

“Sebaiknya kita memilih kendaraan sesuai dengan kondisi atau kebutuhan, karena baik sistem FWD atau RWD memiliki kelebihan masing-masing,” ucap Hardi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com