Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Penyebab Mobil RWD Gagal Menanjak

Kompas.com - 01/03/2024, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Mobil dengan sistem penggerak roda belakang (RWD) bakal lebih jago menanjak karena kemiringan mobil saat menanjak membuat pusat titik tumpunya berada pada roda belakang.

Dengan demikian, traksi roda penggerak lebih baik karena tertekan maksimal. Berbeda dengan mobil penggerak roda depan (FWD) akan lebih mudah mengalami selip.

Namun, bukan berarti mobil RWD sudah pasti bisa melewati tanjakan karena penyebab mobil gagal menanjak ada banyak faktor.

Baca juga: Benarkah Mobil Transmisi Manual Lebih Jago Menanjak daripada Matik?

Video viral di media sosial memperlihatkan Daihatsu Gran Max pikap yang membawa barang atau muatan seberat 3 ton gagal menanjak di salah satu jalan.Foto: Tangkapan layar Video viral di media sosial memperlihatkan Daihatsu Gran Max pikap yang membawa barang atau muatan seberat 3 ton gagal menanjak di salah satu jalan.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan mobil dengan sistem RWD lebih unggul untuk menanjak daripada sistem FWD, namun faktor keberhasilan menanjak bukan soal roda penggerak saja.

“Ada faktor skil pengemudi, bila pengemudi tidak bisa memperkirakan kemiringan jalan, ancang-ancang yang dibutuhkan, tidak piawai menggunakan gigi percepatan, dan injakan pedal gas kurang maksimal, bisa saja gagal,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Jumat (1/3/2024).

Muchlis mengatakan bila mobil RWD jarang melakukan servis maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin bisa saja kurang sehingga untuk melibas tanjakan menjadi sulit.

Baca juga: Faktor yang Bikin Mobil Transmisi Manual Tidak Kuat Nanjak


“Pastikan konsumen rajin servis berkala setiap 10.000 km atau 6 bulan, beberapa item yang diperiksa pada mobil meliputi rangkaian saluran udara, BBM, sistem pengapian, oli mesin dan sistem pendingin mesin,” ucap Muchlis.

Sistem pada suatu mobil menurut Muchlis bekerja saling berkaitan sehingga untuk mencapai suatu pencapaian seperti menanjak memerlukan dukungan dari banyak sistem pada kendaraan.

“Saat menanjak bukan soal tenaga yang diperhatikan, tapi sistem pendingin mesin juga harus prima, jika tidak maka peluang mesin overheat sangat tinggi, itu jug bisa bikin mobil gagal menanjak,” ucap Muchlis.

Jadi, mobil RWD juga perlu dirawat dengan baik, dikemudikan oleh sopir yang kompeten agar lebih mudah melibas tanjakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com