Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Peristiwa Xenia RWD Gagal Nanjak di Tanjakan Spongebob

Kompas.com - 28/02/2024, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Beredar video mobil Daihatsu Xenia gagal menanjak di Tanjakan Spongebob, Lembang, Jawa Barat. Padahal, mobil tersebut menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD) dilihat dari tipenya.

Dalam video yang diunggah akun Tiktok @seputartanjakanspongebob, Minggu (15/1/2024), terlihat Xenia berwarna hitam yang menabrak tembok rumah warga karena gagal menanjak. Tampak bagian belakangnya penyok serta kaca belakang pecah.

Tidak sedikit warganet yang mengomentari tentang curamnya tanjakan, dan memberi saran kepada pengemudi mobil tersebut agar tidak mengalami gagal menanjak.

Baca juga: Video Xenia Gagal Nanjak di Tanjakan Spongebob, Tabrak Tembok Rumah

@seputartanjakanspongebob

Mimin jadi sedih kenapa harus terjadi lagi ????????

? original sound - OnlyMine ???? - F???? ????

 

“Biasakan kalau tanjakan curam AC di matikan ,jadi tenaga mesin tidak berat dan pakai gigi terendah,” tulis akun Pemain Malam.

“Kemungkinan mati mesin karena grogi saat pindah gigi, kalau mesin mati, booster rem jadi mati, rem ga kuat nahan beban walau pakai rem tangan,” tulis komentar Deky Prasetyo.

“Pastikan mahir dulu sblm jln ke daerah pegunungan kalau perlu belajar mengemudi di sekolah mengemudi,” tulis akun Roni HDMI.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi mobil gagal menanjak.

Baca juga: Benarkah Mobil Transmisi Manual Lebih Jago Menanjak daripada Matik?

Tanjakan Spongebob di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat menjadi pilihan jalan alternatif ratusan kendaraan wisatawan untuk melangsungkan perjalanan arus balik menuju Kota Bandung, Senin (1/1/2024).Bagus Puji Panuntun Tanjakan Spongebob di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat menjadi pilihan jalan alternatif ratusan kendaraan wisatawan untuk melangsungkan perjalanan arus balik menuju Kota Bandung, Senin (1/1/2024).

“Faktor kegagalannya banyak, bila yang gagal menanjak semua mobil Xenia dengan sistem RWD artinya memang medan tanjakan Spongebob di Lembang tersebut terlalu ekstrem untuk mobil ini,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

Muchlis mengatakan setiap mobil memiliki batasnya terkait spesifikasi mesin dan transmisi yang digunakan.

“Bila yang gagal menanjak hanya beberapa saja, artinya mobil tersebut sebenarnya mampu tapi ada faktor lain yang membuatnya gagal menanjak,” ucap Muchlis.

Baca juga: Begini Cara Antisipasi Mobil yang Gagal Menanjak

Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Muchlis mengatakan beberapa faktor penyebab kegagalannya bisa dari kompetensi pengemudi dalam mengoperasikan mobil.

“Bisa dari penggunaan gigi yang tidak pas, injakan pedal gas kurang maksimal, atau pengemudi tidak mengambil ancang-ancang cukup untuk memulai pendakian,” ucap Muchlis.

Muchlis juga mengatakan kondisi mobil yang jarang melakukan perawatan juga bisa mempengaruhi tenaga yang dihasilkan.

“Bila mesin tidak prima, kampas kopling pada transmisi manual mulai aus, maka roda tidak akan berputar dengan maksimal, sehingga gagal menanjak bisa terjadi,” ucap Muchlis.

Baca juga: Manfaat Fitur Hill Start Assist Saat Lewat Jalan Menanjak


Jadi, agar tidak mengalami mobil gagal menanjak, Muchlis menyarankan agar pengemudi memahami medan dan spesifikasi mobil.

Jika memang ada mobil sejenis mampu melewati tanjakan tersebut, langkah selanjutnya tinggal berupaya dengan mengoperasikan dengan benar dan menjaga performa mobil tetap prima sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com