Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zaman Dulu Beli Mobil Honda City Gratis Motor

Kompas.com - 22/05/2024, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap negara memiliki konsep tersendiri dalam penjualan kendaraan, ini disesuaikan dengan karakteristik wilayah dan kebutuhan konsumen. Seperti contohnya di negara Jepang yang mayoritas masyarakatnya menggunakan mobil berdimensi kecil atau yang kerap disebut kei car.

Selain itu, gaya hidup konsumen di Negeri Matahari Terbit terkadang membutuhkan mobil untuk perjalanan dari satu titik ke titik lainnya, kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki atau naik kereta.

Melihat kebiasaan ini, pabrikan otomotif raksasa asal Jepang, Honda, menawarkan solusi menghadirkan paket promosi pada era 1980-an, dengan membeli mobil Honda City bisa mendapat motor lipat Honda Motocompo.

Baca juga: Cara Daihatsu Kembangkan SDM SeJak Dini

Kompas.com sempat melihat secara langsung unit Honda City lawas di ajang pameran modifikasi beberapa waktu lalu. Mobil yang tampak klimis ini memiliki dimensi yang kecil layaknya city car, pas untuk membelah padatnya jalanan perkotaan.

Honda City MotocompoKompas.com/Nanda Honda City Motocompo

Mobil yang mendapat julukan bulldog ini memiliki tampilan retro dengan lampu utama berbentuk bulat. Bagian bumper juga begitu tebal, lengkap dengan lampu sein dan air intake. Sementara di kap mesin terdapat benjolan berwarna putih yang mirip dengan air scoop.

Berlanjut ke bagian samping, mobil lawas Honda ini sedikit dimodifikasi pada bagian kaki-kaki, menggunakan pelek aluminium rod wheels courreges. Serta tambahan roof rack di bagian atap.

Pada bagian buritan, tampilan bagasi tampak tidak begitu besar. Namun, hal yang paling menarik terdapat Motocompo berwarna kuning yang berdesain mungil agar bisa masuk ke dalam bagasi mobil tersebut.

Honda City MotocompoKompas.com/Nanda Honda City Motocompo

Dikutip dari Honda Indonesia, Scooter legendaris Honda ini dibekali dengan mesin 50 cc yang mampu menghasilkan tenaga 2,5 Tk. Motocompo ini memiliki panjang hampir satu meter dengan bobot 45 kilogram.

Spesifikasi tersebut disesuaikan dengan ide Honda, di mana jika pengemudi City mengalami kemacetan, ia bisa memarkir kendaraannya di pinggiran kota dan berpindah menggunakan Motocompo untuk sampai ke tujuan.

Bicara soal spesifikasi mobil, Honda City generasi pertama ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.200 cc, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 67 ps atau sekitar 66 Tk.

Baca juga: Impresi Awal Coba Vinfast VF 5, Calon SUV Listrik Murah

Honda Motocompo Honda Motocompo

Sayangnya, Motocompo harus disuntik mati pada 1983. Sedangkan Honda City terus dipakai Honda untuk produk sedannya hingga kini sudah memasuki generasi kelima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com